Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 21:12 WIB | Jumat, 10 Maret 2023

Xi Jinping Terpilih Untuk Ketiga Kali sebagai Presiden China

Presiden China, Xi Jinping, mengambil sumpahnya setelah dia dengan suara bulat terpilih sebagai Presiden selama sesi Kongres Rakyat Nasional China (NPC) di Balai Besar Rakyat di Beijing, Jumat, 10 Maret 2023. Pemimpin China Xi Jinping dianugerahi yang ketiga masa jabatan lima tahun sebagai presiden pada hari Jumat, menempatkannya di jalur untuk tetap berkuasa seumur hidup. (Foto: AP/Mark Schiefelbein)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-Pemimpin China, Xi Jinping, dianugerahi masa jabatan lima tahun ketiga sebagai presiden negara itu pada hari Jumat (10/3), menempatkannya di jalur yang tepat untuk tetap berkuasa seumur hidup pada saat tantangan ekonomi yang parah dan meningkatnya ketegangan dengan Amerika Serikat dan lainnya.

Pengesahan penunjukan Xi oleh Kongres Rakyat Nasional (PNC) yang lebih seremonial adalah kesimpulan sebelumnya bagi seorang pemimpin yang telah mengesampingkan saingan potensial dan mengisi jajaran atas Partai Komunis yang berkuasa dengan para pendukungnya sejak mengambil alih kekuasaan pada tahun 2012.

Suara untuk Xi adalah 2.952 berbanding 0 oleh NPC, yang anggotanya ditunjuk oleh partai yang berkuasa.

Xi, 69 tahun, telah ditunjuk untuk masa jabatan lima tahun ketiga sebagai sekretaris jenderal partai pada bulan Oktober, melanggar tradisi di mana para pemimpin China menyerahkan kekuasaan sekali dalam satu dekade. Batasan dua masa jabatan kepresidenan telah dihapus dari Konstitusi China sebelumnya, mendorong ambisi dia mungkin tetap berkuasa seumur hidup.

Tidak ada daftar kandidat yang dibagikan, dan Xi serta mereka yang diberikan jabatan lain diyakini tidak akan dilawan. Pemilihan hampir seluruhnya diselimuti kerahasiaan, terlepas dari proses di mana delegasi kongres memasukkan empat surat suara ke dalam kotak yang ditempatkan di sekitar auditorium besar Balai Besar Rakyat.

Xi juga dengan suara bulat ditunjuk sebagai komandan Tentara Pembebasan Rakyat beranggotakan dua juta orang, sebuah kekuatan yang secara eksplisit menerima perintahnya dari partai daripada negara.

Pejabat Tinggi Lain

Dalam pemungutan suara lainnya, pejabat peringkat ketiga partai, Zhao Leji, ditunjuk sebagai ketua Kongres Rakyat Nasional. Sebagian besar pekerjaan legislatif badan tersebut dipimpin oleh Komite Tetapnya, yang bertemu sepanjang tahun.

Zhao, 67 tahun, peninggalan dari Komite Tetap Politbiro partai sebelumnya, puncak kekuatan politik di China yang dipimpin oleh Xi, memenangkan kepercayaan Xi sebagai kepala pengawas anti korupsi partai, Komisi Pusat untuk Inspeksi Disiplin, mengejar kampanye anti korupsi yang telah membekukan semua potensi oposisi terhadap Xi.

Mantan bos partai Shanghai dan anggota Komite Tetap Politbiro terakhir Han Zheng diangkat ke jabatan seremonial wakil presiden negara bagian.

Xi, Zhao dan Han kemudian mengambil sumpah jabatan dengan satu tangan di atas salinan Konstitusi China. Sidang tersebut juga mengambil sumpah 14 wakil ketua kongres.

Wang Huning, peninggalan dari Komite Tetap Politbiro terakhir, kemudian ditunjuk sebagai ketua Konferensi Konsultatif Politik Rakyat China, badan penasehat NPC yang, berkoordinasi dengan United Front Department partai, bekerja untuk membangun pengaruh dan citra Xi di luar negeri. Wang telah menjadi penasihat utama tiga pemimpin China dan telah menulis buku yang mengkritik politik dan masyarakat Barat.

Kekuasaan Penuh di Tangan Xi

Masa jabatan baru Xi dan penunjukan loyalis ke posisi teratas menggarisbawahi monopolinya yang hampir total pada kekuatan politik China, menghilangkan potensi oposisi terhadap agenda hiper-nasionalistiknya untuk membangun China menjadi saingan politik, militer, dan ekonomi teratas dari AS dan kepala tantangan otoriter terhadap tatanan dunia demokratis yang dipimpin Washington.

Sementara enam orang lainnya bertugas bersamanya di Komite Tetap Politbiro, semuanya memiliki hubungan lama dengan Xi dan dapat diandalkan untuk memenuhi keinginannya dalam berbagai masalah mulai dari disiplin partai hingga manajemen ekonomi.

Komite tetap hanya beranggotakan laki-laki dan Politbiro beranggotakan 24 orang, yang hanya beranggotakan empat perempuan sejak 1990-an, juga tidak beranggotakan perempuan setelah kepergian Wakil Perdana Menteri Sun Chunlan.

Peringkat kedua, Li Qiang, secara luas diperkirakan akan mengambil alih sebagai perdana menteri, yang secara nominal bertanggung jawab atas Kabinet dan pengurus ekonomi. Li terkenal karena dengan kejam memberlakukan penguncian "nol COVID-19" yang brutal di Shanghai musim semi lalu sebagai bos partai di pusat keuangan China, membuktikan kesetiaannya kepada Xi di hadapan keluhan dari penduduk atas kurangnya akses ke makanan, perawatan medis dan layanan dasar.

Mantan kepala pusat manufaktur provinsi Guangdong, peringkat ketujuh, Li Xi, telah ditunjuk untuk menggantikan Zhao sebagai kepala Komisi Pusat Inspeksi Disiplin.

Kongres tersebut juga diharapkan untuk meloloskan langkah-langkah yang mengintensifkan kontrol partai atas organ pemerintah tingkat nasional sebagai bagian dari kampanye Xi untuk memusatkan kekuasaan di bawah partai.

Pada pembukaan sesi kongres tahunan pada hari Minggu, Perdana Menteri Li Keqiang mengumumkan rencana kebangkitan ekonomi yang dipimpin konsumen, menetapkan target pertumbuhan tahun ini di "sekitar 5%." Pertumbuhan tahun lalu di ekonomi terbesar kedua di dunia turun menjadi 3%, level terlemah kedua setidaknya sejak tahun 1970-an.

Secara terpisah, Kementerian Keuangan mengumumkan peningkatan anggaran sebesar 7,2% dalam anggaran pertahanan menjadi 1,55 triliun yuan ($224 miliar), menandai sedikit peningkatan selama tahun 2022. Pengeluaran militer China adalah yang kedua terbesar di dunia, setelah Amerika Serikat.

Pada hari-hari itu, Xi dan Menteri Luar Negeri barunya Qin Gang telah menetapkan nada yang sangat agresif untuk hubungan dengan AS, di tengah ketegangan perdagangan, teknologi, Taiwan, hak asasi manusia, dan penolakan Beijing untuk mengkritik invasi Rusia ke Ukraina.

Pada hari Selasa, Qin memperingatkan dengan istilah yang sangat gamblang tentang kemungkinan gesekan AS-China yang mengarah ke sesuatu yang lebih mengerikan.

"Jika Amerika Serikat tidak menginjak rem, tetapi terus mempercepat jalan yang salah, tidak ada pagar pembatas yang dapat mencegah tergelincirnya rel dan pasti akan ada konflik dan konfrontasi," kata Qin dalam konferensi pers pertamanya sejak menduduki jabatan terakhirnya.

Xi menindaklanjuti pada hari Rabu dengan menyerukan “lebih cepat meningkatkan angkatan bersenjata ke standar kelas dunia.”

China harus memaksimalkan "kemampuan strategis nasionalnya" dalam upaya untuk "secara sistematis meningkatkan kekuatan keseluruhan negara untuk mengatasi risiko strategis, melindungi kepentingan strategis dan mewujudkan tujuan strategis," kata Xi seperti dikutip dalam pertemuan delegasi oleh kantor berita resmi Xinhua.(AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home