Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 14:33 WIB | Kamis, 09 Juli 2015

“Everest” Terpilih Buka Festival Film Venice

Adegan dalam film Everest, garapan Baltasar Kormakur. (Foto: Universal Pictures)

SATUHARAPAN.COM – Everest, film tentang ekspedisi akbar pendakian gunung tertinggi di dunia, terpilih membuka Festival Film Venice yang ke-72, 2 September mendatang. Festival akan berlangsung 2 - 12 September. 

Film garapan sutradara Baltasar Kormakur, yang dikenal lewat film garapannya, Contraband (2012) dan 2 Guns (2013) itu, dibintangi Jake Gyllenhaal, Sam Worthington, Keira Knightley, Emily Watson, John Hawkes, Jason Clarke, Josh Brolin, Robin Wright, dan Michael Kelly.

Everest diangkat dari kisah nyata ekspedisi akbar pada 1996 di Everest yang menewaskan delapan pendaki.  Pada peristiwa itu, seperti ditulis hollywoodreporter.com, dua tim ekspedisi berbeda harus berjuang untuk tetap hidup menghadapi kondisi ekstrem dalam perjalanan menjejak puncak gunung tertinggi di dunia.  Gyllenhaal memerankan tokoh Scott Fischer, Clarke berperan sebagai Rob Hall, -masing-masing pemimpin tim berbeda - , Brolin berperan sebagai Beck Weathers, dan Hawkes sebagai Doug Hansen.

Variety memandang tepat pilihan dari direktur artistik Alberto Barbera itu, setelah tahun lalu membukanya dengan film Birdman, dan pada festival tahun 2013 membukanya dengan film fiksi sains Gravity.

Everest diadaptasi untuk layar lebar oleh Mark Medoff (Children of a Lesser God) dan Simon Beaufoy (Slumdog Millionaire). Kormakur menjadi produser film itu bersama Tim Bevan (Working Title) dan Eric Fellner, Nicky Kentish Barnes, serta Brian Oliver dan Tyler Thompson (Cross Creek).

Everest, yang akan didistribusikan Universal Pictures ke seluruh dunia, digarap di beberapa lokasi. Di antaranya di Nepal di kaki Everest, di Alpen wilayah Italia, serta di Cinecittà Studios di Roma dan Pinewood Studios di Inggris.

Di AS, film itu seperti dilaporkan Variety, akan dirilis pada 18 September secara eksklusif pada Imax 3D dan layar lebar format 3D, baru kemudian didistribusikan lebih luas.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home