Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 00:21 WIB | Rabu, 21 Agustus 2013

FIFA Mulai Jual Tiket Piala Dunia 2014

Thierry Weil saat memberikan penjelasan kepada media ttg tiket Piala Dunia 2014 di Rio De Janeiro (foto: fifa.com).

RIO DE JANEIRO, SATUHARAPAN.COM - Seluruh penggemar sepakbola di dunia sudah dapat membeli tiket Piala Dunia 2014 yang akan digelar di Brasil. Pernyataan ini ditegaskan Direktur Pemasaran Asosiasi Federasi Sepakbola Internasional Dunia (FIFA), Thierry Weil seperti tertuang dalam laman resmi FIFA pada Selasa (20/8) menyebutkan bahwa masyarakat dapat mengakses situs FIFA apabila hendak melakukan pembelian secara online.

Weil menjamin bahwa antusiasme jutaan penggemar sepakbola akan tertampung aspirasinya dalam penjualan ini, dan akan lebih tertib pembeliannya, daripada saat penyelenggaraan Piala Dunia 2006 (Jerman) dan 2010 (Afrika Selatan) yang lalu.

“Animo masyarakat selalu sulit diprediksi, Tapi saya benar-benar percaya bahwa itu akan lebih ke arah apa yang terjadi di Jerman daripada di Afrika Selatan pada tahun 2010,” kata Weil.

Menurut FIFA, Piala Dunia 2006 dihadiri oleh lebih dari 3,3 juta penggemar. Kemudian pada Piala Dunia 2010 hampir dua juta tiket yang dijual ke masyarakat umum di Afrika Selatan, dan semua tiket terjual.

Dari catatan perbandingan tersebut, FIFA mencatat bahwa meskipun jumlah pembelian dengan menggunakan aplikasi internet atau online selama tahap pertama secara signifikan lebih rendah, namun animo masyarakat menonton pertandingan di luar stadion (nonton bersama di lapangan terbuka, atau di televisi di rumah) cukup tinggi.

FIFA mengharapkan permintaan serupa ke Jerman 2006, ketika ada sekitar tujuh pelamar untuk setiap tiket dari turnamen 64-pertandingan.

Sekitar 3,3 juta tiket akan tersedia untuk turnamen kali ini. Weil mengatakan harga tiket akan berkisar dari 58 pounds (90 dolar AS) untuk pertandingan putaran pertama (penyisihan grup), dan  632 pounds (990 dolar AS) untuk putaran selanjutnya hingga final di Stadion Maracana, Rio de Janeiro. Warga Brasil dengan pendapatan kecil, dan pekerja sosial dapat membeli tiket seharga 15 pounds (23 dolar AS).

“Ini kali kedua kita memberi diskon harga tiket untuk Piala Dunia," kata Weil.

Tiket  akan dijual dalam beberapa tahap penjualan. Periode pertama, yakni  tiket akan dijual mulai 20 Agustus hingga 10 Oktober,

“Aplikasi pembelian secara online telah dibuat sebelum 10 Oktober 2013, akan memasuki tahap penjajakan terlebih dahulu,” kata Weil.

Periode  berikutnya yakni mulai dilakukan dari 5 hingga 28 November. Periode berikutnya dimulai dari 8 Desember 2013 hingga 30 Januari 2014,

atau tepatnya setelah undian penentuan grup dilakukan, undian tersebut adalah undian penentuan grup penempatan dari negara mana saja yang berhasil lolos ke Piala Dunia 2014 mendatang.

Selanjutnya pada periode  26 Februari hingga 1 April 2014. Penjualan terakhir dimulai pada 15 April hingga 13 Juli 2014.

FIFA akan mendistribusikan sekurang-kurangnya 701.079 tiket bagi wisatawan dan warga Brazil. Sebanyak 500.000 tiket lagi adalah tiket untuk pelajar Brasil dan mereka yang berpendapatan rendah di Brasil. Sebanyak 100.000  tiket adalah tiket ekstra diperuntukan  instansi pemerintah dan pengelola stadion. (bbc.com/fifa.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home