Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:49 WIB | Selasa, 02 Agustus 2016

Florida Catat 14 Kasus Zika

Gubernur Florida Rick Scott, meminta pada CDC untuk mengaktifkan tim respons darurat setelah meningkatnya jumlah kasus merebaknya virus zika. (Foto: news.rthk.hk/)

MIAMI, SATUHARAPAN.COM – “Florida saat ini mencatat 14 orang yang kemungkinan tertular virus zika di wilayah Miami, dan negara bagian tersebut membutuhkan bantuan darurat dari pemerintah federal,” kata para pejabat pada Senin (1/8).

Departemen Kesehatan Florida, percaya bahwa transmisi aktif dari virus zika masih hanya terjadi di satu daerah kecil di Miami-Dade County, sebelah utara dari kota, yang diumumkan pada Jumat (29/7).

Kasus tersebut, merupakan kali pertama virus zika, yang bisa menyebabkan cacat lahir dan dianggap sangat berbahaya bagi wanita hamil, diketahui menyebar melalui nyamuk lokal di Amerika Serikat (AS).

Lebih dari 1.600 kasus zika sebelumnya pernah dilaporkan di Amerika Serikat, namun sebagian besar dibawa oleh wisatawan yang tertular di tempat lain. Virus tersebut juga bisa menyebar melalui kontak seksual.

“Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC/Centers for Disease Control and Prevention) AS, diperkirakan akan mengeluarkan pemberitahuan kepada wanita hamil atau wanita yang merencanakan kehamilan untuk mengindari perjalanan yang tidak diperlukan ke daerah terdampak, tepat di sebelah utara Miami,“ kata Rick Scott dalam sebuah pernyataan, seperti yang dikutip AFP.

Para pejabat meyakini penularan hanya terbatas pada daerah 2,5 kilometer persegi utara dari Miami, distrik seni dan kuliner yang dikenal sebagai Wynwood.

Scott meminta CDC mengerahkan tim spesialis darurat, untuk meningkatkan usaha dalam menanggapi penularan lokal virus Zika. Dua dari 14 kasus menjangkiti wanita dan sisanya pria.

"Setelah pengumuman hari ini, saya telah meminta agar CDC mengaktifkan Emergency Response Team mereka untuk membantu Departemen Kesehatan Florida dalam upaya penyelidikan, penelitian dan pengumpulan sampel mereka. Tim mereka akan terdiri atas ahli kesehatan masyarakat yang berperan untuk meningkatkan upaya tanggap untuk daerah yang  dikonfirmasi terpapar virus zika.

"Meskipun kami terus belajar lebih banyak tentang virus ini setiap hari, kami tahu bahwa hal ini sangat berbahaya bagi wanita hamil dan bayi mereka. Bagi wanita yang tinggal atau bekerja di daerah yang terkena dampak dan baik hamil atau berpikir untuk menjadi hamil, saya mendorong Anda untuk menghubungi dokter kandungan untuk memperoleh petunjuk pencegahan terhadap virus zika,” katanya seperti yang dikutip dari flgov.com.

"Florida memiliki rekam jejak yang terbukti sukses ketika mengelola virus nyamuk yang sama. Kami akan terus menjaga agar penghuni dan pengunjung aman, memaksimalkan pengawasan dan melakukan strategis yang agresif dan konstan, seperti peningkatan penyemprotan nyamuk. Sementara saya mendorong semua warga, dan pengunjung, untuk terus menggunakan tindakan pencegahan dengan mengeringkan genangan air dan memakai cairan anti nyamuk, Florida tetap aman dan terbuka untuk bisnis. Tahun ini, kami telah menyambut rekor 30 juta wisatawan dan kami berharap dapat menyambut lebih banyak pengunjung ke Florida musim panas ini. "

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home