Loading...
INSPIRASI
Penulis: Lastriani Panggabean 01:00 WIB | Senin, 18 Januari 2016

Fokus 20% untuk Hasil 80%

Hukum Pareto!
Fokus (foto: istimewa)

SATUHARAPAN.COM – Budi, teman saya, adalah salah seorang mahasiswa penerima beasiswa di Australia. Sebenarnya waktu sekolah dahulu dia bukan tergolong murid cerdas, masih lebih pintar saya. Bahasa Inggrisnya pun dahulu begitu payah. Tetapi, apa yang membuat saya dan dia berbeda jauh bak bumi dan langit? Saya begitu heran dengannya, padahal kelihatannya saya yang paling sibuk, ikut organisasi dan kegiatan ini dan itu. Sedangkan dia kelihatannya begitu santai dari luar. 

Hingga kemudian dia datang menegur saya dengan senyumnya yang manis, "Kau terlalu menyibukkan dirimu pada hal-hal yang tidak penting. Kau menghabiskan 80% hidupmu untuk hasil yang hanya 20% sementara aku mengerjakan 20% untuk menghasilkan 80%, ingat hukum pareto. Kau tahu tidak semua yang ada di dunia ini bisa kau genggam. Sisihkan untuk penduduk bumi lain. Kenapa aku sekarang terlihat sukses karena aku fokus mengerjakan apa yang menjadi panggilanku. Kusarankan temukanlah dirimu sendiri lakukanlah 20% yang terpeting dalam hidupmu secara fokus, maka kau akan sukses," tegurnya. 

"Ya, pareto," tegasnya, "apakah Kau masih ingat percobaan yang pernah kita lakukan saat duduk sambil memandangi laut Sibolga di gunung pemancar TV. Saat itu Kau baru membeli sebuah lup dari AIDO. Ketika matahari sedang terik kita sibuk memainkan lup barumu untuk mengamati hewan-hewan kecil di sekitar daun-daun kering yang berserakan di tanah. Hingga beberapa selang kemudian muncul lidah-lidah api dari daun-daun kering yang kita kenai lup tersebut. Ternyata itu diakibatkan oleh energi sinar matahari yang terfokus melewati lup dan mengenai daun-daun kering yang kita amati itu. Dari hal itu aku menarik suatu kesimpulan bahwa hal-hal yang kita kerjakan secara fokus akan menimbulkan suatu energi yang besar yang akan membakar apa pun yang menjadi sasaran kita.

Ya, hukum pareto. Fokus terhadap sesuatu akan menghasilkan sesuatu yang berdampak besar! Itulah doa dan harap saya pada 2016!

 

Email: inspirasi@satuharapan.com

Editor: Yoel M Indrasmoro


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home