Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 11:47 WIB | Selasa, 12 Desember 2023

Foto Tawanan Hamas Telanjang dan Mata Ditutup Dikritik, Israel: Tidak Akan Lagi

IDF mengatakan melakukan penggeledahan untuk memastikan mereka tidak mengenakan sabuk peledak, dan Tidak menyebarkan gambar itu.
Pria Palestina setelah mereka menyerah kepada pasukan di Jabaliya Gaza utara, pada 10 Desember 2023. (Foto: Media sosial via ToI)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Gambar mengenai pria Palestina di Gaza yang ditangkap oleh tentara Israel dan ditelanjangi dalam beberapa hari terakhir telah memicu kekhawatiran mengenai prosedur penangkapan Israel di wilayah tersebut dan pertanyaan mengenai kemungkinan pelanggaran hak asasi manusia atau perlakuan yang memalukan.

Sejumlah gambar dan video yang bocor secara online dalam beberapa hari terakhir menunjukkan puluhan pria Palestina setengah telanjang ditangkap. Dalam beberapa gambar, para tahanan dipaksa duduk atau berlutut di tanah di tempat terbuka, kadang-kadang dengan mata tertutup, sementara gambar lainnya menunjukkan kelompok-kelompok yang digiring dengan tangan terikat atau orang-orang yang diduga sebagai pejuang menyerahkan senjata.

Militer Israel telah mengkonfirmasi penangkapan ratusan orang, mengklaim bahwa banyak anggota Hamas yang menyerah, ketika kelompok teror tersebut runtuh di bawah kampanye militer untuk menghancurkannya.

Namun pihak militer juga telah mengindikasikan bahwa banyak dari mereka yang ditahan kemudian dibebaskan, dan para pejabat telah mengindikasikan bahwa tentara mungkin beroperasi berdasarkan pedoman penangkapan terlebih dahulu dan kemudian ditanyai.

Pada hari Minggu (10/12) malam, Tzachi Hanegbi, penasihat keamanan nasional Israel, mengatakan para tersangka perlu digeledah untuk memastikan mereka tidak membawa senjata atau bahan peledak, namun foto-foto mereka yang mengenakan pakaian dalam “tidak berguna bagi siapa pun” dan ia memperkirakan bahwa Israel akan mendistribusikan materi foto-foto seperti itu akan berhenti.

Seorang pejabat senior Israel mengakui bahwa foto-foto ratusan pria Palestina yang ditelanjangi setelah penangkapan mereka oleh IDF (Pasukan Pertahanan Israel) di Gaza mungkin “tidak nyaman.”

Yang Tidak Terlibat Dibebaskan

Namun, pengarahan resmi The Times of Israel yang tidak ingin disebutkan namanya menegaskan bahwa tentara hanya menghentikan mereka yang mereka curigai dan bahwa penelanjangan itu diperlukan untuk memastikan bahwa tidak ada dari mereka yang menyembunyikan senjata atau bahan peledak.

Juru Bicara IDF, Laksamana Muda Daniel Hagari, menjelaskan prosedur penangkapan secara rinci pada hari Minggu (10/12) malam, namun juga mengatakan bahwa foto-foto yang memalukan itu tidak didistribusikan oleh kantornya, dan bahwa pasukan akan mengubah prosedur penangkapan jika prosedur tersebut tidak diikuti dengan benar.

Pada hari Jumat (8/12), Hagari mengatakan lebih dari 200 “tersangka” telah ditangkap, namun, dari mereka, hanya “puluhan” yang dipindahkan ke badan keamanan Shin Bet dan Unit 504 Direktorat Intelijen Militer untuk diinterogasi mengenai dugaan keterlibatan mereka dalam kegiatan teror.

Juru bicara pemerintah, Eylon Levy, mengatakan kepada CNN pada hari Jumat bahwa Israel menahan pria usia militer yang ditemukan di daerah di mana evakuasi telah diperintahkan, yang berarti seluruh wilayah utara Gaza dan juga sebagian wilayah selatan, “untuk mencari tahu siapa terorisnya.”

“Orang-orang yang kami lihat di gambar-gambar ini semuanya adalah tersangka teroris,” kata Levy. “Kami berharap semua pejuang Hamas mengenakan seragam yang bertuliskan Hamas di helm mereka, karena itu akan memudahkan mereka untuk mengidentifikasi mereka. Namun ketika [anggota] Hamas berpakaian seperti warga sipil, dan berperang di wilayah sipil, mereka menjadi sangat sulit untuk ditemukan.”

Menurut berita Channel 12 Israel pada hari Minggu (10/12), sekitar 700 orang telah ditahan, 60 persen di antara mereka dinyatakan bukan teroris. Haaretz, mengutip penilaian pejabat senior pertahanan, melaporkan bahwa hanya 10 hingga 15% dari orang-orang yang ditangkap dianggap berafiliasi dengan Hamas.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada AFP pada hari Minggu bahwa pasukan di Gaza menahan dan menginterogasi individu yang dicurigai terlibat dalam “aktivitas teroris.”

“Orang-orang yang diketahui tidak mengambil bagian dalam kegiatan teroris akan dibebaskan,” tambahnya, seraya mengatakan bahwa para tahanan diperlakukan sesuai dengan hukum internasional.

Menurut IDF, orang-orang yang dianggap berpotensi menjadi ancaman akan ditelanjangi untuk memastikan bahwa mereka tidak membawa senjata atau bahan peledak.

“Seringkali tersangka teroris harus menyerahkan pakaiannya agar pakaiannya bisa digeledah dan untuk memastikan bahwa mereka tidak menyembunyikan rompi peledak atau persenjataan lainnya,” kata tentara kepada AFP.

Asal-usul Foto dan Video

Berdasarkan Konvensi Jenewa, mengekspos tawanan perang pada “keingintahuan publik” adalah tindakan yang melanggar hukum, demi menjaga martabat mereka dan melindungi mereka dari identifikasi dan pembalasan publik. Beberapa negara berpendapat bahwa teroris yang ditangkap tidak tunduk pada perlindungan berdasarkan perjanjian tersebut.

Pihak militer awalnya tidak mengomentari asal usul rekaman tersebut, yang mulai beredar secara online pada hari Kamis (7/12). Namun setidaknya beberapa foto dan video menunjukkan bukti diambil dari posisi tentara, dan beberapa berspekulasi bahwa foto dan video tersebut sengaja dibocorkan sebagai bagian dari kampanye untuk mematahkan moral para pejuang Hamas.

Dalam satu contoh, seorang pria terlihat menyerahkan senjata pada tiga waktu yang berbedadan itu menimbulkan pertanyaan.

Berbicara kepada stasiun televisi Kan Israel pada Minggu (10/12) malam, Penasihat Keamanan Nasional Hanegbi membenarkan bahwa foto-foto tersebut diambil “dengan izin yang diperlukan” dari otoritas Israel tetapi mengatakan bahwa dia tidak menyetujui praktik tersebut. “Saya pikir Anda tidak akan melihat lebih banyak gambar seperti ini mulai sekarang,” katanya.

Hanegbi mengatakan penting untuk memastikan tersangka teroris yang ditangkap tidak membawa senjata atau bahan peledak. “Saya berharap akan ada lebih banyak orang yang menyerah tanpa perlawanan dan meletakkan senjata mereka, tapi mereka akan diperiksa dan kemudian berpakaian. Mereka tidak perlu ditahan seperti yang terlihat pada gambar pertama,” katanya.

Dari Pertempuran di Jabaliyah dan Shejaiya

Hari Minggu (10/12) malam, pada konferensi pers, Juru Bicara IDF Hagari menjelaskan prosedur penangkapan secara lebih rinci, dan terkait dengan foto-foto tersebut. Dia mengatakan gambar-gambar yang beredar diambil di Jabaliya dan Shejaiya, markas Hamas di Gaza utara tempat IDF masih berperang. “Banyak teroris” terbunuh di sana, kata Hagari, namun “banyak orang” juga muncul selama pertempuran, beberapa dari mereka menyerah dan meletakkan senjata mereka.

Mereka yang menyerah akan ditelanjangi sebagai tindakan pencegahan, “karena kami takut (mereka mengenakan) sabuk peledak.” Selama bertahun-tahun, katanya, “ada kejadian ketika orang-orang meledakkan diri bersama pasukan kami.”

Orang-orang tersebut kemudian diinterogasi di lapangan, dan anggota Hamas sering kali teridentifikasi, sementara yang lain, jelasnya, bukan anggota kelompok teror. Setelah interogasi selesai, “mereka memakai pakaiannya. Itulah yang perlu terjadi. Jika tidak terjadi, kami akan mengubahnya,” katanya.

Tersangka teroris kemudian dibawa ke Israel untuk penyelidikan lebih lanjut, kata Hagari, sementara warga sipil dibawa ke daerah aman di selatan Jalur Gaza.

7.000 Anggota Hamas Terbunuh

Israel melancarkan serangan militernya setelah ribuan pejuang Hamas menyerbu bagian selatan negara itu pada tanggal 7 Oktober, mengamuk di berbagai komunitas dan membunuh sekitar 1.200 orang, sebagian besar adalah warga sipil, dan menyandera sekitar 240 orang lainnya.

IDF mengatakan mereka telah membunuh 7.000 anggota Hamas atau teroris sekutunya ketika mereka berupaya menghancurkan kelompok teror tersebut, membebaskan para sandera dan memastikan serangan seperti itu tidak akan terjadi lagi.

Foto-foto tersebut telah menimbulkan ketidaksukaan dan kritik mendalam dari beberapa orang. Komite Palang Merah Internasional, yang mendapat tekanan dari Yerusalem atas upayanya yang kacau untuk mendapatkan akses terhadap warga Israel yang disandera di Gaza, menyatakan keprihatinannya atas gambar-gambar tersebut.

“Kami sangat menekankan pentingnya memperlakukan semua orang yang ditahan secara manusiawi dan bermartabat, sesuai dengan hukum kemanusiaan internasional,” kata juru bicara ICRC dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh Reuters.

Anggota Parlemen Amerika Serikat, Elise Slotkin, seorang Demokrat dari Michigan dengan karir panjang di CIA dan Pentagon, mengatakan bahwa dia tidak dapat mengingat kejadian serupa yang terjadi di Irak, ketika AS menghadapi tantangan serupa di sana setelah invasi pada tahun 2003.

“Ini adalah bagian dari percakapan yang lebih besar tentang bagaimana Anda menentukan perbedaan antara warga sipil dan militan di tempat yang sangat ramai,” katanya kepada CNN. “Ini adalah salah satu hal yang paling sulit untuk dilakukan, dan oleh karena itu memerlukan kehati-hatian yang ekstrim dari pihak militer yang melancarkan operasi ini.”

Menteri Luar Negeri Yordania, Ayman Safadi, mengklaim pada konferensi pers hari Jumat (8/12) bahwa beberapa dari mereka yang ditahan adalah dokter dan jurnalis.

Outlet berita berbahasa Arab yang berbasis di London, Al-Araby Al-Jadeed, mengatakan pada hari Kamis (7/12) bahwa, di antara orang-orang Palestina yang ditelanjangi, terdapat reporternya, Diaa al-Kahlout, dan anggota keluarganya.

Beberapa dari mereka yang ditangkap dan dibebaskan mengatakan kepada The Associated Press bahwa mereka diperlakukan dengan buruk, termasuk dipukuli dan hanya diberi sedikit air.

Ahmad Nimr Salman menuduh bahwa pria lanjut usia yang mengidap diabetes atau tekanan darah tinggi diabaikan ketika mereka meminta tentara untuk melepaskan tali pengikat yang melingkari pergelangan tangan mereka.

Dia mengatakan tentara bertanya, “‘Apakah Anda bersama Hamas?’ Kami menjawab ‘tidak’, lalu mereka akan menampar atau menendang kami.” Dia mengatakan putranya yang berusia 17 tahun, Amjad, masih ditahan oleh tentara.

Kelompok tersebut dibebaskan setelah lima hari dan disuruh berjalan ke selatan. Sepuluh tahanan yang dibebaskan tiba di sebuah rumah sakit di Deir al-Balah setelah memanggil ambulans.

Militer Israel belum memberikan komentar ketika ditanya tentang dugaan pelecehan tersebut. Sementara itu, Hamas mengklaim gambar tersebut tidak menunjukkan satupun anggota sayap bersenjata kelompok tersebut ditangkap.

“Klaim pendudukan bahwa mereka berasal dari Brigade al-Qassam adalah kebohongan yang tidak berdasar,” kata Izzat al-Rishq, anggota senior biro politik Hamas. “Pendudukan Zionis menerbitkan gambar dan adegan warga sipil tak bersenjata di Gaza, setelah mereka ditahan dan senjata ditaruh di samping mereka, yang tidak lain hanyalah sebuah bagian dari taktik penjajah yang konyol dan nyata untuk menciptakan dugaan kemenangan atas perlawanan orang-orang Zionis." (dengan ToI)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home