Loading...
SAINS
Penulis: Bayu Probo 12:25 WIB | Senin, 07 Juli 2014

Fox News: Alkitab, Buku Manual Pertama tentang Kesehatan

Contoh makanan sehat dari kawasan Mediterania. (Foto: AFP)

SATUHARAPAN.COM – Berita-berita medis agak menakutkan akhir-akhir ini, dari berita wabah tidak terkendali virus Ebola di Afrika sampai pengumuman Perdana Menteri Inggris David Cameron bahwa jika kita tidak melakukan sesuatu tentang superbug—bakteri yang tahan terhadap antibiotik, kita mungkin berakhir kembali ke Zaman Kegelapan.

Editor senior Fox News, Manny Alvarez menanggapi fenomena ini dengan menarik, yaitu kembali kepada Alkitab. Alvarez menulis, sangat menarik bahwa makin maju planet ini, makin berbahaya. Tingkat kejahatan yang tinggi, anak-anak sekarat, kematian tidak masuk akal, dan nilai-nilai keluarga, tampaknya luntur. Dengan fakta-fakta itu, kita, tentu saja, telah membuat langkah besar dalam pengobatan, beberapa hal dasar terus mencegah umur panjang kita. Merokok masih menjadi masalah, obesitas di luar kendali, dan penyalahgunaan narkoba merajalela.

Bagi Alvarez, jawaban yang masuk akal untuk masalah ini, entah bagaimana, selalu berakhir beralih ke Alkitab. Ia secara pribadi menggunakan Alkitab sebagai sumber penguatan iman, juga untuk kesehatan mental. “Ini menenangkan saya, memberi saya kenyamanan, dan mengambil beberapa pikiran negatif, yang mungkin saya miliki pada waktu tertentu. Tapi apa yang menakjubkan bagi saya adalah tidak ada seorang pun membincangkan tentang tip kesehatan—ya, tip kesehatan—yang terkandung dalam Alkitab,” tulis laki-laki kelahiran Kuba itu.

Ia melanjutkan, "Sekarang, saya memberikan Anda saran hidup sehat yang ditemukan dalam Alkitab, mungkin tidak terlihat seperti tip kesehatan yang Anda temukan di artikel berita atau majalah. Tapi jika Anda membaca yang tersirat, Anda akan mendapatkan pesan sejatinya. Lagi pula, ketika Anda mendengar khotbah, inilah yang dilakukan para pengkhotbah: ia mengambil isi dalam cerita dan berusaha meringkasnya dalam kesimpulan logis."

Menurut lulusan Fakultas Kedokteran Universidad Central del Este, Republik Dominika itu, Allah telah menulis tip itu sejak awal waktu. Pada  2014, ia mengklaim bahwa para dokter harus terus menyarankan pasien mereka dengan cara yang sama.

Dalam Daniel 1:12-15, Daniel mengatakan kepada Raja Babel: "Adakanlah percobaan dengan hamba-hambamu ini selama sepuluh hari dan biarlah kami diberikan sayur untuk dimakan dan air untuk diminum; sesudah itu bandingkanlah perawakan kami dengan perawakan orang-orang muda yang makan dari santapan raja, kemudian perlakukanlah hamba-hambamu ini sesuai dengan pendapatmu. Didengarkannyalah permintaan mereka itu, lalu diadakanlah percobaan dengan mereka selama sepuluh hari. Setelah lewat sepuluh hari, ternyata perawakan mereka lebih baik dan mereka kelihatan lebih gemuk daripada semua orang muda yang telah makan dari santapan raja.”

"Diet sayur-sayuran yang sederhana lebih baik bagi Anda daripada diet berbasis daging yang kaya. Bukankah itu brilian?" Alvarez menekankan.

Dalam Imamat 7:23, kita membaca kata-kata, “Katakanlah kepada orang Israel: Segala lemak dari lembu, domba ataupun kambing janganlah kamu makan.”

Juga di Imamat, kita menemukan petunjuk yang sangat spesifik tentang cara menangani makanan. Singkatnya, kata-kata dari Alkitab melarang makan makanan yang sisa untuk beberapa hari, dan mengatakan itu harus dihancurkan.

Tangani Stres

Tip kesehatan lain yang ditemukan dalam Alkitab berbicara tentang stres dan bagaimana mengurangi stres. Dalam Matius 6:25, kita membaca, “Karena itu, Aku berkata kepadamu: Janganlah khawatir tentang hidupmu, mengenai apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah khawatir pula tentang tubuhmu, mengenai apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting daripada makanan dan tubuh itu lebih penting daripada pakaian?”

“Ketika saya membaca ayat ini, itu mengingatkan saya bahwa Tuhan akan memberikan hal-hal materi yang Anda butuhkan, dan Anda harus menggunakan waktu Anda untuk tidak stres dan mempraktikkan iman Anda, daripada mengkhawatirkan kebutuhan materi,” tulis Alvarez

Itu adalah beberapa dari banyak contoh. Banyak contoh bahwa Alkitab yang memberikan kita untuk menunjukkan cara hidup sehat. Intinya, tidak peduli berapa banyak studi khusus yang berbicara tentang mencegah penyakit, kita selalu berakhir dengan kalimat klise yang sama: Segala sesuatu harus secukupnya, tidak berlebihan atau kurang, cobalah untuk menghindari hal-hal yang buruk bagi Anda, dan fokus pada gaya hidup Anda.

Pada akhir tulisan, pengarang dua buku kesehatan itu menekankan, majalah gaya hidup asli telah diterbitkan oleh Allah pada waktu lampau, "Saya berpikir, kita, sebagai masyarakat, harus mulai hidup dengan beberapa saran positif yang ditemukan dalam Alkitab. Saya tahu, itu tidak seseksi membeli ekstrak biji kopi hijau dari Internet. Tapi, saya pikir itu akan membantu Anda mencapai tujuan kesehatan Anda jauh lebih cepat—dan mungkin dengan manfaat seumur hidup." (foxnews.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home