Loading...
BUDAYA
Penulis: Francisca Christy Rosana 15:37 WIB | Rabu, 17 Desember 2014

Galeri Nasional Indonesia Akan Gelar Pameran di Frankfurt

Dari kiri Asikin Hasan (kurator GNI), Firdaus (Kepala Subbagian Tata Usaha GNI), Tubagus Sukmana (Kepala GNI), Sumarmin (Kepala Seksi Pengumpulan dan Perawatan), Zamrud Setia Negara (Kepala Seksi Pameran dan Kemitraan) saat konferensi pers di Gedung Galeri Nasional Indonesia, Jakarta pada Selasa (16/12). (Foto: Francisca Christy Rosana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Sebagai Guest of Honour dalam Frankfurt Book Fair (FBF) 2015 Indonesia mendapat kesempatan untuk menghadirkan berbagai karya budaya, seperti kuliner tradisional, pertunjukan tari dan musik, serta pameran seni rupa. Galeri Nasional Indonesia (GNI) juga akan turut aktif mempersiapkan diri untuk menggelar pameran seni rupa di Frankfurt, Jerman.

“Kami akan membawa maksimal delapan seniman Indonesia,” kata Kepala Galeri Nasional Indonesia Tubagus Sukmana di Gedung Galeri Nasional Indonesia, Jakarta pada Selasa (16/12).

GNI menurut Tubagus akan menyelenggarakan pameran seni rupa modern dan kontemporer untuk memeriahkan keikutsertaan Indonesia sebagai tamu kehormatan dalam FBF 2015.

Pameran tersebut direncanakan bekerja sama dengan sebuah galeri seni di Frankfurt, Jerman untuk menjadi lokasi pameran.

Indonesia akan memamerkan karya dari perkembangan paling mutakhir dalam dunia seni rupa di Indonesia.

Sementara itu, Kurator Galeri Nasional Indonesia Asikin Hasan mengatakan karya yang akan ditampilkan sebagian besar merupakan karya tiga dimensi.

“Salah satu karyanya outdoor, yaitu karya seniman Joko Avianto dengan medium bambu,” ujarnya.

Asikin mengatakan karya seni rupa tiga dimensi dari Joko Avianto itu akan menggunakan sekitar 1.800 batang bambu dari Bandung, Jawa Barat.

Saat ini GNI dan Panitia FBF 2015 masih membicarakan hal teknis terkait cara membawa material lokal itu dari Indonesia ke Jerman.

“Banyak peraturan yang harus dilewati, sekarang masih kita usahakan,” ujarnya.

Asikin mengatakan semua karya seni rupa yang akan dipamerkan dalam FBF 2015 merupakan karya baru yang diproduksi khusus untuk FBF 2015 sehingga belum pernah ditampilkan dalam pameran seni lain. (kemdiknas.go.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home