Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 15:43 WIB | Rabu, 02 Februari 2022

Gara-gara Komentarnya tentang Holocaust, Whoopi Goldberg Diskor oleh ABC News

Whoopi Goldberg. (Foto: dok. AP)

SATUHARAPAN.COM-Whoopi Goldberg diskors selama dua pekan sebagai pembawa acara bersama "The View" karena mengeluarkan "komentar yang salah dan menyakitkan" tentang orang Yahudi dan Holocaust, menurut pernyataan kepala ABC News.

“Sementara Whoopi telah meminta maaf, saya telah memintanya untuk meluangkan waktu untuk merenungkan dan mempelajari dampak dari komentarnya. Seluruh organisasi ABC News berdiri dalam solidaritas dengan rekan, teman, keluarga, dan komunitas Yahudi kami,” kata Presiden ABC News, Kim Godwin, dalam sebuah pernyataan yang diposting hari Selasa (1/2) di Twitter.

Penangguhan itu terjadi sehari setelah komentar Goldberg dalam diskusi di "The View" bahwa ras bukan merupakan faktor dalam Holocaust. Goldberg meminta maaf berjam-jam kemudian, dan lagi pada episode Selasa pagi, tetapi pernyataan aslinya mengundang kecaman dari beberapa pemimpin Yahudi terkemuka.

“Kata-kata saya mengecewakan banyak orang, yang tidak pernah saya maksudkan,” katanya hari Selasa pagi. “Saya mengerti mengapa sekarang dan untuk itu saya sangat, sangat berterima kasih karena informasi yang saya dapatkan sangat membantu dan membantu saya memahami beberapa hal yang berbeda.”

Gejolak atas pernyataan Goldberg pekan ini menyoroti kompleksitas abadi dari beberapa masalah yang terkait dengan ras, termasuk gagasan yang tersebar luas tetapi sangat diperdebatkan bahwa hanya orang kulit berwarna yang dapat menjadi korban rasisme.

Itu tampaknya menjadi akar dari komentar asli Goldberg, yang berkulit hitam. Pada episode "The View" hari Senin, dia mengatakan Holocaust adalah "bukan tentang ras ... ini tentang ketidakmanusiawian manusia terhadap manusia lain." Panelis di acara itu telah berbicara tentang larangan dewan sekolah Tennessee terhadap "Maus," sebuah novel grafis pemenang Hadiah Pulitzer tentang kamp kematian Nazi selama Perang Dunia II.

“The View” menghadirkan Jonathan Greenblatt, CEO Liga Anti Pencemaran Nama Baik dan penulis “It Could Happen Here,” pada hari Selasa untuk membahas mengapa kata-katanya menyakitkan. “Orang-orang Yahudi saat ini merasa terkepung,” kata Greenblatt.

Rabi Abraham Cooper, dekan dari Simon Wiesenthal Center, memuji Goldberg karena berbicara blak-blakan selama bertahun-tahun tentang masalah sosial tetapi mengatakan dia berjuang untuk memahami pernyataannya tentang Holocaust.

“Satu-satunya penjelasan yang saya miliki untuk itu adalah bahwa ada definisi baru tentang rasisme yang telah dipublikasikan di publik baru-baru ini yang mendefinisikan rasisme secara eksklusif sebagai penargetan orang kulit berwarna. Dan jelas sejarah mengajarkan kita sebaliknya,” kata Cooper.

“Segala sesuatu tentang Nazi Jerman dan tentang penargetan orang-orang Yahudi dan tentang Holocaust adalah tentang ras dan rasisme. Itu fakta sejarah dan tak tergoyahkan,” katanya.

Permintaan maaf Goldberg disampaikan melalui Twitter pada hari Senin (31/1) malam, di mana dia mengatakan dia menyesal atas luka yang dia sebabkan, disambut oleh para pemimpin Yahudi di Amerika Serikat, dan ketua peringatan Holocaust nasional Israel mengundangnya untuk kunjungan pendidikan.

“Permintaan maaf dan klarifikasi Goldberg itu penting,” kata ketua Yad Vashem Dani Dayan, yang mengundangnya ke Pusat Peringatan Holocaust Dunia di Yerusalem untuk “mempelajari lebih lanjut tentang penyebab, peristiwa, dan akibat dari Holocaust.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home