Loading...
DUNIA
Penulis: Bayu Probo 10:18 WIB | Jumat, 22 November 2013

Gara-gara Sepatu dan Makeup, Warga Afghanistan Dideportasi dari Iran

Warga Afghanistan melewati perbatasan Iran menuju Afghanistan dekat Islam Qala, Afghanistan, pada April 2013. (Foto: Mikhail Galustov for Human Rights Watch)

TEHERAN, SATUHARAPAN.COM – Satu keluarga dideportasi ke Afghanistan karena memakai sepatu pink dan sepatu sandal berhak tinggi, Rabu (20/11). Juga, karena anak-anak gadisnya ber-makeup. Ini adalah salah satu bagian dari laporan Human Rights Watch (HRW).

Zohrah, 17, dan adiknya Hasina, 15, terlihat marah—dengan gaya khas remaja—ketika mereka berbicara tentang penangkapan mereka dan pengusiran mereka, ayah mereka, dan tunangan Zohrah ke kantor imigrasi Afghanistan dari perbatasan Iran-Afghanistan.

Mereka sedang menunggu bus yang akan mereka melintasi lahan kering untuk melanjutkan perjalanan ke Afghanistan, sebuah negara tidak pernah dilihat gadis-gadis itu—Hasina lahir di Iran, dan orangtua mereka telah menetap di Iran ketika Zohrah masih bayi. Tapi, karena orangtua mereka warga Afghanistan, tidak ada satu pun memiliki kewarganegaraan Iran. Puluhan warga Afghanistan lainnya duduk di selasar kantor imigrasi. Seperti keluarga Zohrah dan Hasina, beberapa dari mereka memiliki surat-surat yang menunjukkan mereka tinggal di Iran secara hukum, tapi ini tidak menghentikan para pejabat Iran dari mendeportasi mereka.

Para perempuan itu telah ditangkap hanya tiga atau empat hari sebelumnya—ini waktu proses deportasi seluruhnya. Mereka telah melakukan perjalanan sekitar 35 kilometer dari rumah mereka untuk berziarah ke Qom, kota suci Muslim Syiah. Zohrah mengenakan sepatu sandal bertumit tinggi, sementara Hasina memakai sepatu pink. Di Qom, seorang polisi menghentikan mereka, tersinggung bahwa mereka memilih untuk memakai sepatu yang cerah ketika mengunjungi kota suci. Dia juga mengkritik mereka karena memakai makeup. Gadis-gadis itu berdebat dengan polisi. Dan, si polisi menangkap mereka dengan tuduhan tidak cukup ketat mematuhi kode berpakaian Islam Iran untuk perempuan.

Iran menangkap dan mendeportasi ratusan ribu warga Afghanistan setiap tahun dengan tanpa proses hukum atau kesempatan untuk mencari suaka, menurut laporan terbaru Human Rights Watch berjudul Unwelcome Guests. Anggota pasukan keamanan Iran memiliki kekuatan mutlak untuk mendeportasi warga Afghanistan. Warga Afghanistan menghadapi deportasi biasanya langsung dinaikkan ke bus dan dikirim ke Afghanistan dalam beberapa hari ditahan tanpa kesempatan untuk membuktikan bahwa mereka memiliki hak sah untuk tinggal di Iran atau untuk mengajukan klaim suaka.

Hari-hari ini, rakyat Afghanistan secara sistematis diberi kesempatan untuk mengajukan permohonan status pengungsi ketika mereka pertama kali memasuki Iran, sehingga mereka rentan terhadap deportasi setiap saat. Beberapa dari mereka dipukuli selama proses deportasi, dan semua dibebani biaya yang sangat tinggi.

Sekitar tiga juta orang Afghanistan tinggal di Iran, setelah melarikan diri Afghanistan pada banyak titik berbeda selama konflik yang melanda negara itu selama 35 tahun terakhir. Pada awalnya, sebagian dari mereka diperlakukan sopan, menurut standar pengungsi. Tapi itu telah berubah, karena meningkatnya tekanan ekonomi terhadap Iran. Namun Afghanistan bukanlah tempat banyak pengungsi harus dikembalikan. Menurut laporan dari badan pengungsi PBB, warga yang dideportasi ini  tidak hanya bakal mengalami kesulitan mencari pekerjaan dan reklamasi tanah mereka, tetapi mereka juga menghadapi kondisi keamanan yang memburuk di Afghanistan.

Setelah Zohrah dan Hasina ditahan dan dibawa ke kantor polisi, Zohrah menelepon tunangannya, menjelaskan situasi, dan meminta bantuan. Sang tunangan menelepon ayahnya dan keduanya pergi ke stasiun untuk mencoba untuk membebaskan gadis-gadis itu. Namun sebaliknya, orang-orang itu malah ditangkap juga. Polisi segera  menyadari bahwa seluruh anggota keluarga tersebut adalah warga Afghanistan dan memutuskan untuk mendeportasi mereka—terlepas dari kenyataan bahwa Zohrah, Hasina dan ayah mereka berada di Iran secara legal. Ibu Zohrah dan Hasina ditinggal, termasuk saudara kandung mereka yang masih berusia 12, 8, dan 3.

Zohrah dan Hasina, tidak seperti banyak perempuan Afghanistan, berbicara dengan penuh percaya diri, tanpa menunggu izin ayah mereka. Mereka juga membuat kontak mata dengan penerjemah laki-laki. Kebanyakan orang tidak memandang Iran sebagai benteng kebebasan, tapi dibandingkan dengan kondisi perempuan di Afghanistan, perempuan Iran jauh lebih baik. Di Iran, 60% mahasiswa adalah perempuan, sementara hanya sekitar setengah dari gadis-gadis Afghanistan pergi ke sekolah dasar.

Duduk perbatasan membicarakan langkah selanjutnya, keluarga tampak terguncang. Itu juga jelas bahwa gadis-gadis tidak tahu betapa jauh lebih sulit hidup mereka akan berada di Afghanistan, di mana harapan perempuan—dan kemampuan perempuan untuk menggunakan hak mereka—sangat berbeda dari di Iran.

Tapi ayah mereka adalah yang paling bingung. Dia disiksa karena mempertanyakan tentang bagaimana ia akan bergabung kembali dengan istri dan anak-anak yang telah ditinggalkan di Iran. Dia pernah bekerja sebagai buruh harian di Iran selama 15 atau 16 tahun, dan ia tahu apa yang ada bakal mereka hadapi di Afghanistan. Dia adalah orang yang bertanggung jawab untuk keluarganya. Bukan hanya karena dia perlu untuk menyediakan nafkah bagi dua gadis ini, tetapi untuk seluruh keluarga yang ditinggalkan di Iran—istri dan tiga anak-anak muda, serta bibi dan kakek-nenek.

“Kami tidak punya uang di Afghanistan,” katanya. “Kami tidak punya uang untuk kembali ke Iran. Istri saya tidak bekerja, dia tidak berpendidikan. Apa yang akan dia lakukan?” “Apa yang akan kita lakukan?” ia bertanya. (HRWwatch)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home