Loading...
INDONESIA
Penulis: Sotyati 19:39 WIB | Jumat, 15 November 2013

Sakena Yacoobi Peraih Opus Prize 2013 dari Afghanistan

Sakena Yacoobi. (Foto: huffingtonpost)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM – Sakena Yacoobi, pendiri Afghan Institute of Learning (AIL) dinobatkan sebagai pemenang pertama Opus Prize tahun ini. Ia berhak atas hadiah satu juta dolar.

Perjuangan Yacoobi sejak 1995 untuk mengoperasikan lembaga swadaya masyarakat yang memfokuskan pada pendidikan dan pelatihan kesehatan,  khususnya bagi perempuan dan anak-anak,  dinilai sebagai upaya sangat berani di tengah maraknya aksi kekerasan di negara itu.

 "Saya seorang yang sangat spiritual. Saya yakin Allah SWT akan menolong saya. Makanya saya tidak pernah merasa takut," ujar Yacoobi saat diwawancarai VOA seusai menerima penghargaan itu.

AIL bekerja di tingkat akar rumput untuk memberdayakan perempuan dan komunitas di sekitar mereka agar bisa memperoleh pendidikan yang layak dan sekaligus mematahkan radikalisme yang mengatasnamakan agama. Perempuan, menurut keyakinannya, seperti diutarakannya kepada Huffington Post,  berhak mendapatkan pendidikan yang sama dengan kaum laki-laki.

Upaya itu tidak selalu berjalan mulus. AIL dan Yacoobi kerap menerima ancaman dan menghadapi kendala administrasi atau anggaran untuk tetap mengoperasikan AIL.

Yacoobi tentu senang menerima penghargaan itu, seperti pengakuannya kepada Huffington Post. Ia akan memanfaatkan hadiah uang itu untuk meningkatkan dan mengembangkan lembaganya.

"Harapan saya, Opus Prize akan mendorong berbagai pihak di Afghanistan dan juga dunia, duduk bersama merumuskan langkah nyata berikutnya bagi perempuan dan anak-anak di Afghanistan. Lalu menjalankannya bersama-sama. Kita bisa meraih lebih banyak hal jika melakukannya bersama-sama," tambah Yacoobi.

Komitmen

Opus Prize adalah penghargaan yang diberikan setiap tahun oleh Opus Prize Foundation yang berbasis di Amerika Serikat, kepada individu atau organisasi yang berhasil membuat perubahan dan menyelesaikan persoalan paling nyata yang dihadapi masyarakat sekitarnya.

Para finalis dinilai dari komitmen dan semangat mereka menjalankan program yang mengangkat isu-isu kemiskinan, buta huruf, kelaparan, penyakit, dan ketidakadilan, tanpa membedakan agama dan keyakinan.

Opus Prize Foundation bermitra dengan beberapa universitas di AS berbeda untuk mendorong warga kampus terlibat langsung dalam upaya-upaya individu atau organisasi di mana pun yang menjalankan program tersebut. Universitas-universitas tersebut antara lain Marquette University dan Georgetown University .

Penghargaan diserahkan oleh Rektor Georgetown University John J DeGioia, yang menyebutkan apa yang telah dilakukan Sakena Yacoobi sangat inspiratif.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home