Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 17:11 WIB | Kamis, 26 Juni 2014

FIFA Buka Proses Disiplin “Gigitan Suarez”

Luis Suarez memegang giginya usai berbenturan dengan Chiellini dalam laga nan mempertemukan Italia kontra Uruguay, Rabu (24/6). (Foto: fifa.com)

BRASILIA, SATUHARAPAN.COM – Federasi sepak bola dunia, FIFA mengkonfirmasi bahwa proses displin terhadap penyerang Uruguay, Luis Suarez, telah dibuka. Suarez diduga menggigit bahu kiri pemain bertahan Gli Azzurri, Giorgio Chiellini dalam laga yang mempertemukan Italia dan Uruguay di Arena das Dunas, Natal, pada Rabu (24/6).

"Proses disiplin terhadap Luis Suarez dari Uruguay telah dibuka, menyusul pelanggaran yang jelas dari pasal 48 dan atau pasal 57 Kode Disiplin FIFA (FDC) pada pertandingan Piala Dunia 2014 Brasil antara Italia dan Uruguay pada 24 Juni 2014," seperti dikutip dari situs resmi fifa.com.

Suarez dan federasi sepak bola Uruguay pun akan segera diundang guna memberi pembelaan dan bukti relevan hingga Kamis (25/6), pukul 05.00 waktu Brasilia.

"Pemain dan atau Federasi Sepak Bola Uruguay akan diundang untuk memberikan pembelaan mereka dan bukti dokumenter yang mereka anggap relevan hingga 25 Juni 2014, pukul 05:00, waktu Brasilia."

Dalam FDC, terdapat pasal-pasal yang menjelaskan bahwa FIFA memiliki kewenangan untuk memberi sanksi terhadap pelanggaran yang luput dari perhatiaan wasit saat pertandingan. Menurut pasal 77 dari FDC, Komite Disiplin FIFA bertanggung jawab untuk memberikan sanksi atas pelanggaran serius yang telah luput dari perhatian petugas pertandingan. Selanjutnya, menurut pasal 96 dari FDC, jenis bukti dapat diterima dari laporan wasit, deklarasi dari para pihak, dan saksi-saksi, barang bukti, rekaman audio, atau video."

Jika terbukti bersalah, Suarez dipastikan absen di sisa laga Piala Dunia 2014, ia pun bisa menerima larangan bermain sebanyak 24 pertandingan atau hingga dua tahun. Hal tersebut dapat mempengaruhi kariernya di level internasional bersama Uruguay ataupun klub. (fifa.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home