Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 17:17 WIB | Jumat, 23 Mei 2014

Gereja AS Desak Obama Dialog dengan Kuba

Bendera Kuba (kiri) dan Amerika Serikat. (Foto: huffingtonpost.com)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM – Gereja-gereja di Amerika Serikat—termasuk gereja-gereja anggota Dewan Gereja Dunia (World Council of Churches—WCC), telah meminta pemerintahan Obama untuk membuka dialog tingkat tinggi dengan Kuba bertujuan normalisasi hubungan antara kedua negara.

Dalam sebuah surat terbuka kepada Presiden Barack Obama, yang diterbitkan awal Mei, para pemimpin gereja AS telah mendesak pemerintah untuk mengatasi masalah yang terkait dengan pelepasan Alan Gross, warga negara AS dalam tahanan di Kuba, dan kelompok Cuban Five, yang sedang menjalani hukuman di penjara pemerintah federal di AS.

“Kami bergabung dengan rekan-rekan kami Kuba mendesak Administrasi Anda untuk mengambil langkah-langkah baru besar menuju mengejar kebijakan keterlibatan dan normalisasi,” kata para pemimpin gereja.

“Pergeseran kebijakan tersebut akan menguntungkan gereja-gereja dan masyarakat sipil di Kuba, selain pergi jauh dalam mencapai pembebasan Alan Gross,” seperti tercantum dalam surat itu.

Para pemimpin gereja juga mendesak pemerintahan Obama untuk mengizinkan orang-ke-orang melakukan perjalanan ke Kuba atau dari Kuba, menghapus Kuba dari daftar Sponsors Negara Terorisme dan membuka kesempatan bagi warga AS untuk mendukung usaha kecil dan sektor koperasi di Kuba.

“Kami berdoa untuk normalisasi penuh hubungan antara Amerika Serikat dan Kuba walaupun dalam pemahaman bahwa pemungutan suara Kongres untuk mengakhiri embargo tidak mungkin dalam waktu dekat,” kata para pemimpin gereja.

WCC telah membahas masalah ini pada beberapa kesempatan. Sebuah pernyataan terbaru yang dikeluarkan oleh Komite Eksekutif WCC pada 2013 mengecam “kebijakan negatif dari pemerintah Amerika Serikat terhadap Kuba, terutama sanksi ekonomi yang diberlakukan terhadap negara itu, yang merupakan ancaman bagi perdamaian dan perwujudan dari kebijakan campur tangan dalam hak masyarakat untuk menentukan nasib sendiri.” Resolusi lain, diadopsi oleh Majelis ke-10 WCC di Busan, Republik Korea, mendesak peningkatan hubungan AS-Kuba dan pencabutan sanksi ekonomi

Sekum WCC Rev Dr Olav Fykse Tveit, yang telah bertemu dengan keluarga dari kelompok Cuban Five pada beberapa kesempatan selama beberapa tahun terakhir, menyerukan pemerintah AS untuk memberikan visa non-imigran secara kemanusiaan untuk pasangan yang belum mampu untuk mengunjungi suami mereka sejak penahanan mereka pada 1998.

“Gereja-gereja di Amerika Serikat dan Kuba telah bekerja bersama selama bertahun-tahun dalam mendesak pemerintah mereka untuk meningkatkan hubungan antara kedua negara,” kata Tveit.

“Dialog konstruktif, kebijakan yang efektif dan penuh kasih, solusi manusiawi untuk kasus Cuban Five akan signifikan dalam membantu untuk menormalkan hubungan antara AS dan Kuba, sesuatu yang akan menguntungkan orang-orang di kedua negara,” katanya.

Direktur Komisi WCC bidang Urusan Internasional Gereja, Peter Prove, menyebut intervensi itu oleh para pemimpin gereja AS sebagai hal yang  “sangat banyak dalam semangat ‘ziarah keadilan dan perdamaian’” yang merupakan seruan dari Sidang Raya WCC di Busan, November 2013. “Dialog dan keterlibatan jauh lebih efektif instrumen untuk mempromosikan keadilan dan perdamaian dari isolasi dan konfrontasi,” katanya.

Alan Gross

Alan Gross Phillip (kelahiran 2 Mei 1949)  adalah pekerja pembangunan internasional AS. Pada Desember 2009 ia ditangkap saat berada di Kuba, bekerja sebagai subkontraktor pemerintah AS untuk US Agency for International Development (USAID) sebagai bagian dari program yang didanai berdasarkan Undang-Undang 1996 Helms-Burton Act.

Ia dituntut pada 2011 setelah dituduh melakukan kejahatan terhadap negara Kuba untuk membawa telepon satelit dan peralatan komputer (kepada anggota komunitas Yahudi Kuba) tanpa izin yang diperlukan di bawah hukum Kuba. Setelah dituduh bekerja untuk badan intelijen Amerika pada Januari 2010, ia akhirnya dihukum karena "mengganggu kemerdekaan atau integritas wilayah negara" pada Maret 2011. Ia saat ini menjalani 15 tahun penjara di Kuba.

Cuban Five

Cuban Five, juga dikenal sebagai Miami Five terdiri atas Gerardo Hernández, Antonio Guerrero, Ramon Labañino, Fernando González, dan René González.  Lima perwira intelijen Kuba itu dihukum di Miami karena persekongkolan melakukan spionase, konspirasi melakukan pembunuhan, bertindak sebagai agen pemerintah asing, dan kegiatan ilegal lainnya di Amerika Serikat. Cuban Five berada di Amerika Serikat untuk mengamati dan menyusup ke Amerika Serikat Southern Command dan kelompok Kuba-Amerika Alpha 66, F4 Commandos, Yayasan Nasional Kuba Amerika, dan Brothers Rescue. (oikoumene.org/wikipedia.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home