Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 16:10 WIB | Jumat, 26 Juni 2015

Golkar: Kalau Perlu Dana Parpol Naik 10.000 Kali Lipat

Politisi Partai Golkar Rambe Kamarul Zaman. (Foto: Dok. satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Politisi Partai Golkar Rambe Kamarul Zaman mengatakan kenaikan dana bantuan partai politik sudah selayaknya dilakukan. Bila perlu, nominalnya dinaikkan 10.000 kali lipat dari jumlah saat ini, Rp 108 per suara.

"10 kali lipat tanggung, kalau perlu 10.000 kali lipat," kata Rambe di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (26/6).

Sebab, menurut dia, posisi partai politik jelas diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945, yakni sebagai pengusung calon-calon anggota legislatif untuk bertugas di Gedung Parlemen Senayan dalam menyusun dan membuat undang-undang. "Partai politik itu mengusung orang-orang yang nantinya bertugas di legislatif untuk menjalankan tugas pengawasan, membentuk undang-undang, kemudian menjalankan fungsi anggaran," ujar Rambe.

Demokrasi Sehat

Senada, politisi Partai Amanat Nasional Yandri Susanto juga tidak mempermasalahkan rencana kenaikkan dana bantuan partai politik. Sebab, menurut dia, penggunaan dana tersebut mendapat pengawasan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan badan kesatuan bangsa dan politik (kesbangpol) di tingkat kabupaten/kota.

"Dana partai politik ada pertanggungjawabannya. Misalnya sekian juta, itu akan dilaporkan ke BPK juga. Kemudian di daerah juga partai politik harus melaporkan penggunaan dananya kepada badan kesbangpol agar pemerintah bisa mencairkan dana itu," ujar dia.

Yandri melanjutkan, selama tujuan kenaikkan dana bantuan partai poltik agar roda partai politik berjalan dan menuju demokrasi yang sehat, tidak masalah.

Meski begitu, ketika ditanya nominal dana ideal yang dibutuhkan partai politik, politisi PAN itu mengatakan relatif. Sebab, bila menilik pada nominal yang saat ini diperoleh PAN, nominalnya tidak cukup memenuhi biaya operasional partai. "Kalau ideal atau tidak ideal itu relatif. PAN itu punya sekita sembilan juta suara, jadi yang didapatkan kecil. Bahkan, kalau untuk menutupi biaya operasional DPP PAN dalan setahun saja tidak cukup," ujar Yandri.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home