Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:06 WIB | Kamis, 20 April 2023

Grup Tentara Bayaran Rusia, Warger Membantah Terlibat dalam Konflik di Sudan

Yevgeny Prigozhin, pendiri pasukan tentara bayaran Wagner Rusia, berbicara di Paraskoviivka, Ukraina dalam gambar diam dari video tak bertanggal yang dirilis pada 3 Maret 2023. (Foto: dok. Reuters)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Grup Wagner Rusia, sebuah perusahaan tentara bayaran, pada hari Rabu (19/4) membantah beroperasi di Sudan dan mengatakan tidak ada hubungannya dengan pertempuran yang mengguncang negara Afrika yang sangat miskin itu.

Diplomat Barat di Khartoum mengatakan pada Maret 2022 bahwa Wagner terlibat dalam penambangan emas ilegal di Sudan, di antara aktivitas lainnya. Sudan membantah hal ini.

“Karena banyaknya pertanyaan dari berbagai media asing tentang Sudan, yang sebagian besar bersifat provokatif, kami menganggap perlu untuk memberi tahu semua orang bahwa staf Wagner sudah tidak berada di Sudan selama lebih dari dua tahun,” tulis kelompok itu di Telegram.

Wagner sudah lama tidak berhubungan dengan penguasa militer Sudan, Jenderal Abdel Fattah al-Burhan, atau kepala paramiliter Jenderal Mohamed Hamdan Dagalo, yang pasukannya berada di jantung konflik saat ini, katanya.

Perusahaan yang terkait dengan pendiri Wagner, Yevgeny Prigozhin, tidak memiliki kepentingan keuangan di Sudan, tambahnya, dengan mengatakan bahwa konflik itu murni urusan internal Sudan.

Tentara bayaran Wagner, yang di masa lalu dikerahkan untuk melawan pemberontak di Mali dan Republik Afrika Tengah, saat ini mempelopori upaya untuk merebut kota Bakhmut di Ukraina timur. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home