Loading...
INDONESIA
Penulis: Prasasta Widiadi 18:39 WIB | Minggu, 12 Juli 2015

Gubernur Jateng Kagum Banyak Pemudik ke Jateng

Ilustrasi. Sejumlah warga yang mudik lebih awal menggunakan kereta api menganteri masuk di Stasiun Senen, Jakarta, hari Selasa (7/7). (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo kagum banyak pemudik asal Jakarta hendak mudik menuju Provinsi Jawa Tengah.

"Ternyata warga Jawa Tengah yang ada di Jabodetabek sangat banyak mencapai 6,888 juta jiwa. Mereka semua akan mudik ke Jawa Tengah. Saya tidak tahu kok bisa banyak begitu, memangnya satu orang anaknya berapa ya," kata Ganjar saat melepas keberangkatan para pemudik di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Minggu (12/7).

Menurut beritajakarta.com, sebanyak 10.774 pemudik dari komunitas Jawa Tengah diberangkatkan ke daerah masing-masing, mereka akan melakukan perjalanan kembali dengan gratis ke kampung halaman masing-masing dengan menggunakan 177 bus dan 608 orang menggunakan KA Menoreh (jurusan Jakarta – Semarang) dan 608 orang lagi menggunakan KA Jaka Tingkir (jurusan Jakarta – Solo).

Mudik gratis ini berkat bantuan dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan para bupati/walikota se-Jawa Tengah. Program ini untuk membantu warga Jateng yang merantau di Jabodetabek, terutama yang bekerja di sektor informal.

Ganjar berpesan, jika di perjalanan ada sopir mengemudi ugal-ugalan maka harus langsung ditegur. Sebab jika dibiarkan akan membahayakan keselamatan penumpang. Kemudian jika sopir mengantuk atau kelelahan, hendakaknya segera istirahat.

Warto (30) –lelaki yang kesehariannya berdagang koran di perempatan PGC Cililitan ini merupakan salah satu pemudik tujuan Pemalang, Jawa Tengah – mengatakan kegiatan mudik gratis ini sangat membantu diri dan keluarganya untuk bisa berlebaran di kampung halaman. Ia mengaku baru kali pertama mengikuti acara mudik gratis ini.

“Alhamdulillah ada mudik gratis. Jadi bisa mengurangi pengeluaran, uangnya digunakan untuk keperluan lain di kampung,” kata Warto. (beritajakarta.com).

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home