Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:36 WIB | Sabtu, 27 Agustus 2022

Hadapi Ancaman Rusia, Polandia Beli Tank dan Howitzer Korea Selatan

Tentara Korea Selatan berjalan melewati Howitzer selama latihan artileri sebagai bagian dari latihan militer gabungan tahunan oleh Amerika Serikat dan Korea Selatan, di dekat DMZ yang memisahkan kedua Korea, di Goseong. (Foto: dok. Reuters)

SEOUL, SATUHARAPAN.COM-Dua perusahaan Korea Selatan telah menandatangani kontrak senilai US$5,76 miliar dengan Polandia untuk mengekspor tank dan howitzer, kata badan pengadaan senjata Seoul pada hari Sabtu (27/8), setelah Warsawa setuju untuk meningkatkan impor senjata di tengah ketegangan dengan Rusia.

Kontrak, yang ditandatangani di Polandia pada hari Jumat (26/8), adalah bagian dari kesepakatan senjata terbesar Korea Selatan, yang dicapai bulan lalu dengan Polandia, yang telah berusaha untuk meningkatkan militernya dalam menghadapi invasi Rusia ke negara tetangga Ukraina.

Hyundai Rotem Co. akan mengirimkan tank K2 Black Panther, dan Hanwha Defense, unit pertahanan Hanwha Corp, akan mengirim howitzer self-propelled K9 ke Polandia, kata Defense Acquisition Program Administration (DAPA).

Para pihak belum mengumumkan nilai keseluruhan kesepakatan, yang diperkirakan media Korea Selatan mencapai 20 triliun won (US$15 miliar).

“Karena ekspor pertahanan sangat penting dalam hal berbagi sistem senjata, dukungan logistik timbal balik, dan memperkuat aliansi keamanan, kesepakatan ekspor ini diharapkan dapat berkontribusi pada upaya kami untuk membangun solidaritas dengan negara-negara Eropa dan memperluas batas kemampuan keamanan kami,” kata DAPA dalam sebuah pernyataan.

Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-yeol, yang menjabat pada bulan Mei, telah berjanji untuk meningkatkan kerja sama keamanan dengan negara-negara Eropa yang berbagi nilai-nilai demokrasi dan ekonomi pasar, sambil meningkatkan industri pertahanan negara itu di tengah ancaman nuklir dan militer Korea Utara yang terus berkembang.

Yoon menjadi pemimpin Korea Selatan pertama yang menghadiri pertemuan puncak NATO di Spanyol pada bulan Juni sebagai pengamat, memperingatkan ancaman terhadap nilai-nilai tersebut.

Polandia setuju untuk membeli 180 tank K2, jumlah howitzer yang tidak ditentukan dan 48 jet tempur FA-50 berdasarkan kesepakatan. Kontrak hari Jumat mencakup angsuran pertama, kata DAPA, tanpa merinci jumlahnya. Kesepakatan untuk jet diharapkan bulan depan.

Invasi ke Ukraina, yang disebut Rusia sebagai “operasi militer khusus”, telah menimbulkan kekhawatiran keamanan di antara banyak negara bekas blok Timur.

Polandia, anggota NATO, telah berjanji untuk meningkatkan pengeluaran militer hingga tiga persen dari produk domestik bruto dan lebih dari dua kali lipat jumlah tentaranya untuk mencegah serangan apa pun. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home