Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 14:00 WIB | Senin, 05 September 2022

Hadapi China, Taiwan Latih Pasukan Cadangan dan Pertahanan Sipil

Orang-orang menembakkan senapan angin dalam organisasi pelatihan sipil swasta bernama Polar Light Training di New Taipei City, Taiwan pada 21 Juni 2022. Sementara invasi tampaknya tidak akan terjadi, latihan militer skala besar China baru-baru ini sebagai tanggapan atas kunjungan Ketua Kongres AS Nancy Pelosi ke Taiwan telah membuat pemerintah di Taipei lebih sadar dari sebelumnya tentang kekuatan keras di balik retorika Beijing tentang membawa pulau yang memiliki pemerintahan sendiri di bawah kendalinya. Para ahli mengatakan bahwa pertahanan sipil dan pasukan cadangan memiliki efek pencegah yang penting, menunjukkan agresor potensial bahwa risiko invasi tinggi. (Foto: AP/Wu Taijing)

TAIPEI, SATUHARAPAN.COM-Chris Chen, mantan kapten di militer Taiwan, menghabiskan banyak waktu menunggu selama pelatihan sepekan untuk pasukan cadangan pada bulan Juni. Menunggu perakitan, menunggu makan siang, menunggu pelatihan, katanya.

Kursus, bagian dari upaya Taiwan untuk mencegah invasi China, penuh sesak dengan 200 cadangan untuk satu instruktur. "Semua mendengarkan, hanya ada sedikit waktu untuk benar-benar melaksanakan instruksi," kata Chen.

Invasi Rusia ke Ukraina telah menggarisbawahi pentingnya memobilisasi warga sipil ketika diserang, karena pasukan cadangan Ukraina membantu menangkis penjajah. Itu terjadi di belahan lain dunia, tetapi telah menyoroti kelemahan Taiwan di bidang itu, terutama di dua bidang: pasukan cadangan dan kekuatan pertahanan sipilnya.

Sementara invasi tampaknya tidak akan segera terjadi, latihan militer skala besar China baru-baru ini sebagai tanggapan atas kunjungan Ketua Kongres Amerika Serikat, Nancy Pelosi, ke Taiwan telah membuat pemerintah di Taipei lebih sadar dari sebelumnya akan kerasnya di balik retorika Beijing tentang mengambil memerintah pulau di bawah kendalinya.

Para ahli mengatakan bahwa pertahanan sipil dan pasukan cadangan memiliki efek pencegah yang penting, menunjukkan agresor potensial bahwa risiko invasi tinggi. Bahkan sebelum invasi ke Ukraina pada bulan Maret, Taiwan bekerja untuk mereformasi keduanya. Pertanyaannya adalah apakah itu akan cukup.

Pasukan cadangan Taiwan dimaksudkan untuk mendukung militernya yang beranggotakan 188.000 orang, yang terdiri dari 90% sukarelawan dan 10% pria yang melakukan empat bulan wajib militer. Di atas kertas, 2,3 juta pasukan cadangan memungkinkan Taiwan untuk menandingi militer China yang berkekuatan dua juta orang.

Namun, sistem cadangan telah lama dikritik. Banyak orang, seperti Chen, merasa pelatihan tujuh hari untuk sebagian besar mantan tentara adalah buang-buang waktu karena tidak mempersiapkan mereka dengan cukup baik.

Jumlah cadangan siap tempur, mereka yang dapat segera bergabung dalam pertempuran garis depan, hanya sekitar 300.000, kata Wang Ting-yu, seorang anggota parlemen dari Partai Progresif Demokratik yang menjabat di komite pertahanan di legislatif.

“Di Ukraina, jika dalam tiga hari pertama perang itu berantakan, tidak peduli seberapa kuat militer Anda, Anda tidak akan mampu berperang,” kata Wang. “Masyarakat yang tangguh dapat memenuhi tantangan ini. Sehingga ketika Anda bertemu dengan bencana dan perang, Anda tidak akan berantakan.”

73% Penduduk Bersedia Perang Mempertahankan Taiwan

Taiwan mereorganisasi sistem cadangannya pada bulan Januari, sekarang dikoordinasikan oleh badan baru yang disebut Badan Mobilisasi Pertahanan All Out, yang juga akan mengambil alih sistem pertahanan sipil dalam keadaan darurat.

Salah satu perubahan besar adalah peluncuran pilot pelatihan dua pekan yang lebih intensif daripada standar satu pekan, yang pada akhirnya akan diperluas ke 300.000 cadangan siap tempur. Cadangan yang tersisa dapat memainkan peran yang lebih defensif, seperti mempertahankan jembatan, kata Wang.

Dennis Shi bergabung dengan pelatihan yang diubah selama dua pekan pada bulan Mei di sebuah situs bangunan yang ditinggalkan di pantai utara Taiwan. Separuh waktu hujan, katanya. Selebihnya, masih panas. Pelatihan tersebut bertepatan dengan puncak wabah COVID-19. Mengenakan jas hujan dan masker wajah, pasukan cadangan menggali parit dan berlatih menembakkan mortir dan berbaris.

"Seluruh tubuhmu tertutup lumpur, dan bahkan di sepatu botmu ada lumpur," kata Shi. Namun, dia mengatakan dia mendapat lebih banyak waktu latihan daripada selama empat bulan wajib militernya tiga tahun lalu dan merasa termotivasi karena perwira senior melakukan latihan bersama mereka.

“Yang utama adalah ketika saatnya untuk mengabdi pada negara, maka Anda harus melakukannya,” katanya.

Ada rencana untuk mereformasi kekuatan pertahanan sipil juga, kata Wang, meskipun banyak dari diskusi tersebut belum dipublikasikan secara luas.

Pasukan Pertahanan Sipil, yang berada di bawah Badan Kepolisian Nasional, adalah sisa dari era pemerintahan otoriter sebelum sebelum Taiwan beralih ke demokrasi pada 1980-an dan 1990-an. Anggotanya kebanyakan adalah orang-orang yang terlalu tua untuk memenuhi syarat sebagai cadangan tetapi masih ingin melayani.

“Itu tidak mengikuti berlalunya waktu dan tidak mengikuti kemampuan bertempur kami,” kata Wang.

Perubahan yang direncanakan termasuk persyaratan untuk memasukkan penjaga keamanan yang dipekerjakan oleh beberapa perusahaan terbesar Taiwan di kepolisian, dan penggabungan perempuan, yang tidak diharuskan untuk bertugas di militer.

Sekitar 73% orang Taiwan mengatakan mereka akan bersedia berperang untuk Taiwan jika China ingin menyerang, menurut survei oleh Kuan-chen Lee di Institut Riset Pertahanan dan Keamanan Nasional yang berafiliasi dengan Kementerian Pertahanan, angka yang tetap konsisten.

Perang Ukraina, setidaknya pada awalnya, mengguncang kepercayaan beberapa orang atas kesediaan Amerika Serikat untuk datang membantu Taiwan jika terjadi serangan. Sedangkan 57% mengatakan September lalu mereka percaya AS “pasti atau mungkin” mengirim pasukan jika China menyerbu, yang turun menjadi 40% pada bulan Maret.

Kebijakan ambiguitas strategis AS membuatnya tidak jelas apakah AS akan campur tangan secara militer. Pelosi mengatakan selama kunjungannya bahwa dia ingin membantu pulau itu mempertahankan diri.

Partisipasi Warga untuk Pertahanan

Di luar upaya pemerintah, beberapa warga sipil telah terinspirasi untuk berbuat lebih banyak sendiri. Pekan lalu, pendiri pembuat chip Taiwan United Microelectronics, Robert Tsao, mengumumkan ia akan menyumbangkan satu miliar Dolar Taiwan Baru (US$32,8 juta) untuk mendanai pelatihan pasukan pertahanan tiga juta orang yang terdiri dari warga sipil.

Lebih dari 1.000 orang telah menghadiri kuliah tentang pertahanan sipil dengan Open Knowledge Taiwan, menurut TH Schee, seorang pengusaha teknologi yang memberikan kuliah dan menyelenggarakan kursus pertahanan sipil dengan kelompok sukarelawan, yang bertujuan untuk membuat pengetahuan khusus dapat diakses oleh publik.

Yang lain telah mendaftar untuk pelatihan pertolongan pertama, dan beberapa untuk kursus senjata api, meskipun dengan senjata angin karena undang-undang Taiwan tidak mengizinkan kepemilikan senjata secara luas.

Upaya ini memerlukan koordinasi pemerintah, kata Martin Yang, juru bicara Asosiasi Penelitian dan Pengembangan Taktis Militer dan Polisi Taiwan, sekelompok mantan perwira polisi dan tentara yang tertarik dengan pertahanan Taiwan.

“Sektor sipil memiliki ide ini dan mereka menggunakan energi mereka, tetapi saya pikir pemerintah perlu keluar dan mengoordinasikan ini, sehingga energi tidak terbuang percuma,” katanya.

Yang kritis terhadap latihan pertahanan sipil pemerintah, mengutip latihan tahunan di mana warga sipil berlatih berlindung.

“Ketika Anda melakukan latihan ini, Anda ingin mempertimbangkan bahwa orang akan bersembunyi di kereta bawah tanah, mereka membutuhkan air dan makanan, dan mungkin memiliki kebutuhan medis. Anda mungkin akan menemukan ratusan atau ribuan orang yang bersembunyi di sana,” kata Yang. "Tapi dari mana air dan makanan itu berasal?"

Pada bulan Juli, pemerintah kota New Taipei menyelenggarakan latihan skala besar dengan layanan bencana dan Kementerian Pertahanan. Termasuk untuk pertama kalinya adalah perang kota, seperti bagaimana responden pertama akan bereaksi terhadap serangan di stasiun kereta api atau pelabuhan.

Latihan memiliki perasaan tentang karnaval daripada persiapan serius untuk invasi. Seorang MC dengan gembira menyambut para tamu saat musik pop Korea menggelegar. Perekrut untuk militer, penjaga pantai dan polisi militer mendirikan stan untuk menarik pengunjung, menawarkan tchotchkes seperti gantungan kunci granat mainan.

Chang Chia-rong memandu tamu VIP ke tempat duduk mereka. Wanita berusia 20 tahun itu menyatakan kesediaannya untuk membela Taiwan, meskipun dia tidak merasa sangat khawatir tentang invasi China. “Jika ada regu relawan, saya berharap bisa bergabung dan membela negara saya,” katanya. “Jika ada kebutuhan, saya akan sangat bersedia untuk bergabung.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home