Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 19:57 WIB | Rabu, 04 Oktober 2023

Hadiah Nobel Kimia Untuk Karya Titik-titik Kuantum Tiga Ilmuwan

Penelitian mereka berguna untuk kehidupan sehari-hari, termasuk elektronik dan pencitraan medis.
Pra pemenang Hadiah Nobel Kimia yang berbasis di AS tahun 2023: Moungi Bawendi, Ahli Kimia AS, Louis Brus, dan fisikawan Rusia, Alexei Ekimov, saat pengumuman pemenang Hadiah Nobel Kimia 2023 di Royal Swedish Academy of Sciences di Stockholm, Swedia, pada hari Rabu, 4 Oktober 2023. (Foto: AFP)

STOCKHOLM, SATUHARAPAN.COM-Tiga ilmuwan yang berbasis di Amerika Serikat memenangkan Hadiah Nobel bidang kimia pada hari Rabu (4/10) atas penelitian mereka tentang titik-titik kuantum,  partikel kecil dengan diameter hanya beberapa atom yang dapat melepaskan cahaya berwarna sangat terang dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari termasuk elektronik dan pencitraan medis.

Moungi Bawendi, dari MIT; Louis Brus, dari Universitas Columbia; dan Alexei Ekimov, dari Nanocrystals Technology Inc., mendapat penghargaan atas karya mereka dengan partikel yang “memiliki sifat unik dan sekarang menyebarkan cahayanya dari layar televisi dan lampu LED,” menurut Royal Swedish Academy of Sciences, yang mengumumkan penghargaan tersebut di Stockholm.

“Mereka mengkatalisis reaksi kimia dan cahaya jernihnya dapat menerangi jaringan tumor bagi seorang ahli bedah,” kata akademi tersebut.

Elektron titik kuantum memiliki pergerakan terbatas, yang memengaruhi cara elektron menyerap dan melepaskan cahaya tampak, sehingga menghasilkan warna yang sangat cerah.

Titik-titik tersebut merupakan partikel nano yang bersinar biru, merah, atau hijau saat disinari atau terkena cahaya. Warna yang dipancarkannya bergantung pada ukuran partikelnya. Titik yang lebih besar bersinar merah, dan titik yang lebih kecil bersinar biru. Perubahan warna ini disebabkan oleh bagaimana elektron bertindak secara berbeda dalam ruang yang kurang lebih terbatas.

Meskipun fisikawan telah meramalkan sifat perubahan warna ini sejak tahun 1930-an, penciptaan titik-titik kuantum dengan ukuran terkontrol tertentu tidak mungkin dilakukan di laboratorium selama lima dekade berikutnya.

Dalam bocoran yang sangat tidak biasa, media Swedia memberitakan nama-nama pemenang sebelum hadiah diumumkan.

“Ada siaran pers yang dikirim untuk alasan yang masih belum diketahui. Kami sangat aktif pagi ini untuk mencari tahu apa sebenarnya yang terjadi,” kata Hans Ellegren, sekretaris jenderal akademi tersebut, dalam konferensi pers saat penghargaan tersebut diumumkan. “Ini sangat disayangkan dan kami sangat menyesali apa yang terjadi.”

Akademi tersebut, yang memberikan penghargaan pada bidang fisika, kimia dan ekonomi, meminta nominasi setahun sebelumnya dari ribuan profesor universitas dan cendekiawan lain di seluruh dunia.

Sebuah komite untuk setiap hadiah kemudian mendiskusikan kandidat dalam serangkaian pertemuan sepanjang tahun. Di akhir proses, panitia mengajukan satu atau lebih proposal ke seluruh akademi untuk dilakukan pemungutan suara. Pertimbangan tersebut, termasuk nama-nama nominasi, selain pemenang, dirahasiakan selama 50 tahun.

Ekimov, 78 tahun, dan Brus, 80 tahun, adalah pionir awal teknologi yang diakui pada hari Rabu, sementara Bawendi, 62 tahun, dipuji karena merevolusi produksi titik-titik kuantum “yang menghasilkan partikel yang hampir sempurna. Kualitas tinggi ini diperlukan agar dapat digunakan dalam aplikasi,” kata akademi tersebut.

Bawendi mengatakan pada konferensi pers bahwa dia “sangat terkejut, mengantuk, kaget, tidak terduga dan sangat tersanjung.”

“Masyarakat menyadari implikasinya pada pertengahan tahun 90-an, bahwa ada potensi penerapan di dunia nyata,” kata Bawendi.

Ditanya mengenai bocorannya informasi, ia mengaku tidak mengetahui hadiah tersebut hingga ia dipanggil oleh pihak akademi.

Pada hari Selasa, penghargaan fisika diberikan kepada fisikawan Prancis-Swedia, Anne L’Huillier, ilmuwan Prancis, Pierre Agostini, dan Ferenc Krausz kelahiran Hongaria karena menghasilkan pandangan sekilas pertama tentang dunia supercepat elektron yang berputar.

Pada hari Senin, Katalin Karikó asal Hongaria-Amerika dan Drew Weissman dari Amerika memenangkan Hadiah Nobel di bidang kedokteran atas penemuan yang memungkinkan pembuatan vaksin mRNA untuk melawan COVID-19.

Hadiah kimia berarti musim Nobel telah mencapai setengah tahap. Hadiah di bidang sastra, perdamaian dan ekonomi menyusul, dengan satu pengumuman setiap hari kerja hingga 9 Oktober.

Yayasan Nobel menaikkan hadiah uang sebesar 10% tahun ini menjadi 11 juta kronor (sekitar US$1 juta). Selain uang, para pemenang menerima medali emas 18 karat dan diploma ketika mereka mengumpulkan Hadiah Nobel pada upacara penghargaan di bulan Desember. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home