Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 17:58 WIB | Rabu, 08 Juni 2016

Hanya dengan Satu Sentuhan, Anak Suriah Bisa Makan Seharian

Setiap makanan yang didonasikan, ribuan keluarga pengungsi di Lebanon menerima kupon makan untuk anak-anaknya (Foto: WFP)

BEIRUT, SATUHARAPAN.COM – Hanya dengan satu sentuhan, aplikasi ShareTheMeal mengizinkan penggunanya untuk berbagi makanan kepada anak-anak pengungsi Suriah selama satu hari.

The World Food Programme (WFP) mengundang para penggunanya untuk mendonasikan sedikit 50 cents untuk membantu berbagi makanan kepada komunitas yang kelaparan di seluruh dunia.

Sebastian Stricker, penggagas aplikasi ini, yakin angka kelaparan berubah menjadi nol persen sangat mungkin, seperti yang dikutip dari Al Jazeera.

Aplikasi versi Inggris dan Jerman sudah diluncurkan sejak November lalu, dan sejauh ini sudah 5.5 juta makanan telah didonasikan oleh 500.000 pengguna. Untuk yang versi Arab baru saja diluncurkan pada awal Ramadhan.

Untuk kampanye sekarang menargetkan memberi makan 1.400 pengungsi Suriah (anak-anak usia tiga sampai empat tahun) di Beirut selama setahun penuh. Sebelumnya aksi ini telah membantu anak-anak sekolah di Lesotho, pengungsi anak di Jordan, ibu-ibu hamil dan menyusui di Homs, Suriah.

Sekarang ini gizi buruk telah menyumbangkan 45 persen angka kematian anak usia di bawah lima tahun di seluruh dunia, menurut  United Nations World Food Programme (WFP).

 “Jika kita ingin menggunakan alat ini agar orang melakukan hal baik, kita perlu melihat apakah orang benar-benar bisa dan senang menggunakan aplikasi kita. Dan bahasa jelas menjadi salah satu hal yang penting di sini.”

Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk menggecarkan penggunaan aplikasi ini, apalagi zakat menjadi pelengkap bulan Ramadhan.

Ada sedikitnya satu juta pengungsi Suriah yang terdaftar di Lebanon, tetapi jumlah sebenarnya jauh lebih tinggi - sekitar 1,5 juta, menurut WFP. Per kapita, Lebanon memiliki jumlah tertinggi pengungsi Suriah di dunia.

WFP di Lebanon menyokong 700.000 pengungsi yang paling rentan ini, serta 20.000 orang Lebanon yang miskin, angka yang dipilih ini berdasarkan hasil evaluasi WFP.

Lebanon dipilih untuk kampanye saat ini karena kombinasi dari beberapa faktor, kata Stricker. "Kami ingin berangkat dari tempat yang mempunyai kebutuhan signifikan, kami ingin memastikan bahwa ini adalah program yang dijalankan dengan baik, dan di sini lah uang sedang dimanfaatkan dengan baik."

Setiap kali pengguna menyumbangkan makanan (atau beberapa makanan pada satu waktu), dibayar melalui debit atau kartu kredit, atau dengan PayPal, ini berjalan ke arah voucher elektronik untuk keluarga pengungsi Suriah di Lebanon.

 “Hal yang menarik adalah orang-orang benar-benar berbagi makanan saat melakukan makan siang ataupun makan malam” kata Stricker.

Aplikasi ShareTheMeal berhasil memenangkan penghargaan suara publik Webby Awards 2016, dan penghargaan  SXSW Interactive Innovation 2016 dan dia mendapatkan dukungan dari para artis seperti Sami Yusuf, Hend Sabry, Amal Dabbas. (aljazeera.com/kav)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home