Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta 07:56 WIB | Senin, 09 September 2013

Haornas: Menpora Harapkan Masyarakat Giat Berolahraga

Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo (foto: demokrat.or.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Mengolahragakan masyarakat merupakan salah satu langkah yang harus diterapkan dengan baik dan benar di tengah-tengah masyarakat. Pernyataan ini merupakan bagian dari sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo, dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada 9 September 2013.

Roy menekankan bahwa membangun keolahragaan nasional salah satunya dengan fondasi budaya olahraga yang kokoh dan kuat.

“Mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga, merupakan slogan yang harus terus diimplementasikan secara baik dan benar di kalangan seluruh masyarakat. Dengan demikian, kita dapat membangun keolahragaan nasional dengan fondasi yang kokoh, yakni budaya olahraga yang tumbuh dan kuat serta hidup sehat dan bugar dalam aktivitas keseharian masyarakat kita,” kata Roy Suryo.

Pada peringatan Haornas 2013 yang bertema “Olahraga Membangun Karakter Bangsa” Menpora menginginkan setelah budaya olahraga dan hidup sehat terbentuk, maka akan memunculkan generasi-generasi atlit berprestasi, hal ini tidak lain karena hidup sehat harus menjadi gaya hidup bangsa Indonesia. Salah satunya dengan menerapkan motto tiada hari tanpa olahraga.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa negara-negara yang telah berprestasi di bidang olahraga tak lain karena telah menanamkan budaya olahraga sepanjang hidupnya dengan moto tiada hari tanpa olahraga sebagai gaya hidup. Oleh karena itu, membudayakan olahraga dalam kehidupan sehari-hari maka akan lahir banyak olahragawan bertalenta bagi prestasi bangsa yang jaya,” menurut mantan anggota Komisi X DPR RI ini.

Menpora menekankan kaitan olahraga dan budaya sportivitas yang masih harus ditekankan di Indonesia. Melalui kegiatan olahraga sesungguhnya tidak hanya menghasilkan generasi yang sehat dalam jangka waktu pendek, tetapi akan juga membentuk karakter generasi muda yang berkompetisi secara sehat dan sportif dalam berbagai bidang kehidupan.

“Sebagaimana makna dan nilai olahraga, bila budaya olahraga itu tumbuh maka secara langsung juga akan menumbuhkan budaya disiplin, jujur, konsistensi, kompetisi, persahabatan, kesatuan dan persatuan serta perdamaian. Pada intinya apabila olahraga dimaknai dan dihayati secara benar, akan mewujudkan pembentukan karakter bangsa (nation character building),” kata Roy. (kemenpora.go.id)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home