Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 14:20 WIB | Rabu, 28 Agustus 2013

Perlu Rp 20 Miliar untuk Pembukaan dan Penutupan Islamic Solidarity Games

Perlu Rp 20 Miliar untuk Pembukaan dan Penutupan Islamic Solidarity Games
Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo (foto: demokrat.or.id)
Perlu Rp 20 Miliar untuk Pembukaan dan Penutupan Islamic Solidarity Games
Bentuk promosi Islamic Solidarity Games 2013 (foto: inaisgoc2013.southsumatera.com)

PALEMBANG, SATUHARAPAN.COM – Acara Pembukaan dan Penutupan Islamic Solidarity Games (ISG) dianggarkan Rp 20 miliar. ISG adalah pekan olahraga yang diikuti negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam.

Menurut keterangan resmi pemerintah daerah Sumatera Selatan pada Selasa (27/8) bahwa alokasi dana untuk pembukaan dan penutupan ISG 2013 sebesar Rp 20 miliar. ISG diselenggarakan pada 22 September – 1 Oktober 2013. Pernyataan ini dikemukakan Laonma PL Tobing selaku Kepala Badan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Pemerintah Provinsi Sumsel. Dana tersebut akan diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sumatra Selatan.

Menurut Tobing, total anggaran untuk penyelenggaraan ISG adalah Rp 75 miliar. Dana termasuk untuk perawatan stadion dan seluruh fasilitas pertandingan.

Sementara itu, Ketua Bidang Persiapan Sarana dan Prasarana ISG, Rizal Abdullah mengatakan saat ini panitia setempat ISG sedang melakukan perbaikan Stadion Bumi Sriwijaya. Stadion ini rencananya digunakan untuk upacara pembukaan.

ISG III pada tahun 2013 ini diikuti 32 negara  dan melibatkan sejumlah atlet kelas dunia dari negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam. Semula, kegiatan ini akan diselenggarakan di Pekanbaru, Riau, namun karena kasus hukum yang membelit Gubernur Riau, Rusli Zainal, pemerintah memindahkan perhelatan akbar atlet-atlet negara Islam dunia itu ke Palembang.

Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 23 tahun 2013, Presiden menunjuk Gubernur Provinsi Sumsel, Alex Noerdin untuk menggantikan posisi Gubernur Riau, Rusli Zainal, sebagai Penanggung Jawab Teknis Pelaksanaan Panitia Nasional Penyelenggara Islamic Solidarity Games III. Alex Noerdin bertugas di bawah tanggung jawab Indonesia Islamic Solidarity Games Organizing Committee (INAISGOC)

Pada pemberitaan satuharapan.com sebelumnya, Menpora Roy Suryo bersama Alex Noerdin mendampingi Menko Kesra, HR. Agung Laksono meninjau beberapa sarana penunjang ISG di Palembang. Menpora menargetkan Indonesia masuk 10 besar.

"Semula Indonesia hanya menargetkan tembus 15 besar. Namun, setelah menjumpai para atlet dan pengurus Komite Olahraga Indonesia serta Komite Olahraga Nasional Indonesia secara langsung beberapa waktu lalu, saya merevisi menjadi 10 besar," kata Roy, di Palembang, Sabtu. (24/8)

Menurut Menpora, ISG III bagi Indonesia adalah pemanasan menuju SEA Games mendatang. SEA Games XXVII rencananya akan diselenggarakan di Myanmar, 1-22 Desember 2013. (setkab.go.id)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home