Loading...
EKONOMI
Penulis: Eben Ezer Siadari 12:09 WIB | Rabu, 25 Maret 2015

Hari Ini Jaringan Sistem Pembayaran BI Sudah Normal

Deputi Gubernur BI, Ronald Waas. (Dok.satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Jaringan Komunikasi Sistem Pembayaran Bank Indonesia yang kemarin sempat terganggu, Rabu (25/3) ini telah kembali normal. Sebelumnya, telah terjadi gangguan yang mengakibatkan terjadinya masalah pada pengiriman transaksi transfer dana di beberapa bank.

“Sehubungan dengan terjadinya gangguan pada jaringan komunikasi data sistem pembayaran BI kemarin (24/3), dapat kami informasikan bahwa pada pagi hari ini jaringan komunikasi data tersebut telah kembali berjalan normal,” kata Deputi Gubernur Bank Indonesia, Ronald Waas, dalam siaran pers BI yang dilansir hari ini (25/3).

BI mengidentifikasi telah terjadi gangguan jaringan komunikasi data pada sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI), dan Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS). Gangguan itu mengakibatkan terjadinya masalah pada pengiriman transaksi transfer dana di beberapa bank.

Menurut Direktur Ekseutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara, BI telah berupaya untuk menyelesaikan permasalahan yang ada dan memastikan gangguan itu dapat diselesaikan secepat mungkin.

Dari hasil identifikasi, tutur dia, gangguan terjadi pada sistem jaringan komunikasi data beberapa bank ke Bank Indonesia. Sementara untuk sebagian lainnya, koneksi jaringan komunikasi data berjalan normal dengan menggunakan jaringan komunikasi data cadangan (back up).

Tirta Segara mengatakan kemarin BI meminta kepada bank yang belum dapat terhubung, untuk menggunakan fasilitas operasional yang disediakan oleh BI di lokasi kantor BI Jakarta, sehingga bank dapat melakukan penyelesaian pengiriman transaksi.

Selain itu, BI juga memperpanjang waktu operasional pelayanannya kemarin untuk memastikan seluruh transaksi transfer dana dapat diselesaikan.

Sementara itu Ronald Waas mengatakan  Gubernur Bank Indonesia telah memutuskan untuk melakukan penelitian lebih lanjut guna mencari penyebab permasalahan tersebut.

"Bank Indonesia akan senantiasa memantau dan memastikan sistem pembayaran nasional tetap berjalan efisien, lancar, dan aman," kata dia.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home