Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Reporter Satuharapan 15:12 WIB | Rabu, 14 Agustus 2013

Hari Keempat Kejuaraan Atletik Dunia Belum ada Pemecahan Rekor

Hari Keempat Kejuaraan Atletik Dunia Belum ada Pemecahan Rekor
Yelena Isinbanyeva
Hari Keempat Kejuaraan Atletik Dunia Belum ada Pemecahan Rekor
foto: rianovosti

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM – Memasuki hari keempat Kejuaraan Atletik Dunia di Moskow belum tercatat ada pemecahan rekor baru, namun menjadi sebuah hari bersejarah bagi pelompat galah asal Rusia, Yelena Isinbayeva, yang memenangkan gelar besar pertamanya selama lima tahun di Stadion Luzhniki (13/8).

Isinbayeva (31), meningkatkan prestasi terbaiknya musim ini dengan 11 cm lebih tinggi pada lompatan setinggi 4,89 meter yang membuat suara gemuruh seluruh penonton di ibukota Rusia itu. Dari lompatan tersebut ia berhasil mengalahkan atlet asal Amerika, Jennifer Suhr yang meraih medali perak dengan catatan 4,82 meter.

Atlet asal Kuba, Yarisley Siva dimana pada Olimpiade di London tahun lalu menjadi juara kedua, dan Jennifer Suhr harus puas dengan meraih medali perunggu setelah mencapai ketinggian yang sama dalam usahanya yang ketiga.

Isinbayeva dielu-elukan penggemarnya di atas podium saat menerima medali emas dari Menteri Olahraga, Vitaly Mutko.

“Ini merupakan perjalanan yang panjang dari Beijing ke Moskow,” kata Isinbayeva sambil mengingat kemenangan terakhirnya pada Olimpiade 2008. “Saya tidak bisa memenangkannya tanpa dukungan dari para penggemar dan pelatih saya yang jenius,” kata dia.

Lempar Cakram

Robert Harting menggarisbawahi statusnya sebagai pelempar cakram terbaik di musim ini, mengingat prestasinya pada Olimpiade London dengan gelar juara dunia tiga kali berturut-turut.

Harting (28), berhasil meraih medali emas pada usaha keempatnya sejauh 69,11 meter mengalahkan atlet asal Polandia, Piotr Malachowski peraih medali perak di Beijing dan satu-satunya orang yang  melempar sejauh 70 meter, saat ini hanya mampu melempar sejauh 68,39 m dan harus puas pada peringkat kedua lagi.

Sedangkan pada medali perunggu dimenangkan oleh juara bertahan dari Estonia, Gerd Kanter sejauh 65,19 meter.

Halang Rintang

LaShawn Merritt menjadi peraih medali emas dalam perlombaan halang rintang lintasan 400m. Ia berhasil memimpin dengan catatan waktu 43,74 detik, meninggalkan pesaingnya Kirani James dengan skor tipis.

Peraih medali perak jatuh kepada Tony McQuay dari Amerika Serikat dengan catatan waktu 44,40 detik. Sedangkan peraih medali perunggu diraih oleh Luguelin Santos dari Republik Dominika dengan catatan waktu 44,52 detik.

 

Kelas 800 Meter

Pada lintasan lari 800 meter kategori pria, atlet muda asal Etiopia, Mohammed Aman (19) mampu meraih medali emas dengan catatan waktu 1 menit 43,31.

“Saya sangat senang dan puas, karena ini adalah medali emas. Saya adalah juara dunia,” kata dia. “Pertandingan tadi adalah lintasan yang sangat berat, tetapi saya punya kecepatan dan saya harus bersabar.”

Sedangkan medali perak diraih oleh Nick Symmonds asal Amerika dengan catatan waktu 1:43,55 dan medali perunggu jatuh kepada atlet asal Djibouti, Ayanleh Souleiman di menit ke 1:43,76.

Pada lintasan lari 800 m kategori wanita, seorang pelari asal Ukraina, Ganna Melnichenko mampu meraih medali emas dengan skor 6.586 mengalahkan atlit asal Kanada, Brianne Theisen-Eaton yang hanya berbeda 56 poin, yaitu 6.530. Sedangkan medali perunggu jatuh kepada Dafne Schippers asal Belanda dengan skor 6.477.

Jalan Cepat 20 Km

Hari itu merupakan kemenangan bagi atlet tuan rumah, Elena Lashmanova pada perlombaan jalan cepat 20 km dengan catatan waktu 1:27:08 . Ia menambah gelar juara dunianya sama seperti pada saat ia memenangkan perlombaan yang sama di Kejuaraan Olimpiade di London.

“Kemenangan ini sama pentingnya dengan kemenangan yang saya raih di Olimpiade London,” kata Lashmanova. “Kemenangan ini tidak hanya hasil dari kerja keras saya seorang, tetapi juga pelatih saya.” Lanjutnya.

Peraih medali perak dalam perlombaan jalan cepat 20 km ini diraih oleh atlit asal Rusia pula yang bernama Anisya Kirdyapkina yang menyelesaikan pertandingannya tiga detik sebelum pesaingnya asal Cina, Liu Hong yang meraih medali perunggu dengan catatan waktu 1:28:10.

Perlombaan pada hari Rabu hanya diadakan di pagi hari saja, dalam kategori 50 km jalan cepat pria. Babak kualifikasi lainnya yang dilombakan adalah lontar martil kategori wanita, lari jarak jauh 5000m kategori wanita, lompat jauh kategori pria, lari jarak menengah 1500 m kategori pria. (rianovosti)

 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home