Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 14:27 WIB | Rabu, 14 Agustus 2013

Fisik Pemain Tim Nasional Ditempa Jelang Lawan Filipina

Jacksen Ferreira Tiago, pelatih tim nasional Indonesia berkebangsaan Brasil (foto: akun twitter Persipura Jayapura)

SOLO, SATUHARAPAN.COM - Jacksen Ferreira Tiago, pelatih tim nasional sepakbola Indonesia memfokuskan pada peningkatan ketahanan fisik para pemain Indonesia. Jacksen mengatakan prioritas fisik sebagai yang utama, menjelang pertandingan persahabatan melawan Filipina, seperti diungkapkan laman resmi PSSI, pada Selasa (13/8) malam di Stadion Manahan, Solo.

Jacksen menanggap perlu peningkatan kualitas fisik sebagai prioritas utama,berhubung setelah lebaran Jacksen mengatakan bahwa kebugaran para pemain menurun seusai liburan.

"Kami mengutamakan latihan fisik terhadap pemain Timnas, karena kondisi stamina mereka banyak yang menurun sehabis liburan Lebaran," kata Jacksen F. Tiago.
Jacksen Tiago mengaitkan antara kebugaran fisik dan masa liburan sebagai satu hal yang penting, karena pertandingan ini akan berlangsung dalam waktu yang berdekatan antara masa akhir liburan Hari Raya Idul Fitri.

Menurut Jacksen Tiago saat ini diperlukan latihan stamina terlebih dahulu yang ditingkatkan, walau waktu latihan sangat singkat.

“Setelah latihan fisik, nanti baru peningkatan kualitas individu dan kerjasama tim,” komentar Jacksen.

Jacksen menambahkan bahwa, saat ini pemain Timnas yang sudah bergabung di Solo sebanyak 22 pemain, sedangkan satu pemainnya yang belum masuk Stefano Lilypaly karena bermain di sebuah klub Belanda Almere City. 
"Stefano Lilypaly (gelandang Indonesia) dijadwalkan bergabung dengan Timnas di Solo, Senin ini. Sehingga, dia diharapkan sudah bisa mengikuti program latihan di Solo, Selasa (13/8) ini," kata Jacksen.

Latihan ini penting dan diutamakan stamina untuk beruji coba dengan Timnas Filipina yang memiliki kekuatan hampir sama dengan Indonesia.
"Kami berharap dengan pertandingan uji coba melawan Filipina ini, Timnas memiliki agresifitas dalam menyerang lawan,” katanya.

Mengenai masalah semangat dan ketahanan fisik pemain, salah satu pelatih yang pernah berkomentar tentang kondisi fisik pemain Indonesia yakni pelatih Chelsea, Jose Mourinho. Chelsea yang pada Kamis (25/7) pernah membantai tim nasional Indonesia dengan skor 8-1 di Jakarta, menganggap bahwa mental bertanding dan ketahanan fisik pemain Indonesia kurang.

Seperti diungkapkan dalam laman resmi PSSI, Arsitek Chelsea Jose Mourinho memberikan saran penting untuk kemajuan sepakbola Indonesia. Menurut pelatih berkebangsaan Portugal itu, para pemain Timnas Indonesia harus bermain dengan semangat tinggi. "Saya pikir timnas anda harus bermain dengan semangat tinggi. Itu adalah cara yg terbaik untuk membuat timnas anda lebih baik."
Mourinho mengatakan bahwa hanya dengan semangat, determinasi dan percaya diri tinggi sebuah tim dapat memperoleh kemenangan."Jika anda sudah memiliki itu, maka anda akan lebih kuat dari kemampuan sebenarnya. Bahkan jika tak punya potensi yang bagus karena lawan Anda kuat.”

Menjawab berbagai keraguan banyak pihak seputar beberapa pertandingan persahabatan yang dijalani tim nasional Indonesia, Jacksen menjelaskan pertandingan-pertandingan tersebut tidak memfokuskan hanya pertandingan secara seremonial semata, seperti saat melawan Arsenal, Liverpool dan Chelsea, tetapi pertandingan ini guna melawan persiapan melawan Cina dalam babak kualifikasi Piala Asia 2015. Menurutnya, dengan banyaknya pertandingan uji coba tersebut ia bisa melihat munculnya sebuah tim yang dibangun menjadi kuat.

Pemain Timnas yang bergabung mengikuti latihan di Stadion Manahan Solo, yakni: Andik Vermiansyah (Persebaya 1927), Greg Nwokolo (Arema Malang), Victor Igbonefo (Arema Malang), M.Robby (Persisam Samarinda), Firdaus Ramadhan (Persita Tangerang) , Andritany (Persija), I Made Wirawan (Persib Bandung), Dian Agus Prasetyo (Barito Putra), Hasim Kipuw (Arema Malang), Yustinus Pae (Persipura), Ruben Sanadi (Persipura), Slamet Nur Cahyono (Persiba Bantul), Raphael Maitimo (Mitra Kukar), Taufiq (Persebaya 1927), Ahmad Bustomi (Mitra Kukar), Vendri Mofu (Semen Padang), Boaz Solossa (Persipura Jayapura), Titus Bonay (Semen Padang), Patrick Wanggai (Persipura Jayapura) , Ferdinand Sinaga (Persisam Samarinda), dan Abduhrahman (Sriwijaya FC). (pssi.or.id)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home