Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 11:01 WIB | Jumat, 08 Mei 2015

Hitung Cepat Pemilu Inggris: Konservatif Menang

Hitung cepat yang dilakukan oleh BBC hasilnya adalah Partai Konservatif menang. Namun, baik Partai Konservatif dan Partai Buruh tidak mempercayai hasil hitung cepat yang diselenggarakan sejumlah lembaga tersebut. (Foto: Getty)

INGGRIS, SATUHARAPAN.COM – Hasil hitung cepat sejumlah lembaga, termasuk BBC menunjukkan Partai Konservatif memenangi Pemilu Inggris hari Kamis (8/5), namun masih kekurangan beberapa belas kursi untuk menjadi pemenang dengan mayoritas mutlak.

Menurut survei di sejumlah TPS di seantero Inggris, Partai Konservatif yang populer dengan julukan Torries kemungkinan bisa menempatkan 316 wakilnya di parlemen, sementara Partai Buruh diperkirakan memenangkan 239 kursi. Kursi yang dibutuhkan untuk menjadi mayoritas tunggal adalah 326 kursi.

Partai Demokrat Liberal yang berkoalisi dengan Partai Konservatif dalam pemerintahan sekarang, hanya mendapat 10 kursi. Sementara partai SNP (Partai Nasional Skotlandia) mendapat 58 kursi, Partai Hijau dua kursi, dan partai berhaluan kanan, UKIP (Partai Independen Inggris Raya), dua kursi.

Hitung cepat pemilu Inggris kali ini diselenggarakan oleh NOP/MORI untuk BBC, ITV dan Sky.

Baik Partai Buruh maupun Liberal Demokrat mengatakan tidak percaya pada hasil hitung cepat.

Di West Bradford, terjadi penghitungan ulang, dengan anggota parlemen pro Palestina George Galloway bertarung keras dengan kandidat Partai Buruh.

Di South Tanet, pemimpin UKIP yang anti imigran, Nigel Farage, bisa jadi gagal memperoleh kursi.

Jika hitung cepat ini akurat sebagaimana tahun 2010, David Cameron akan tetap menjabat sebagai Perdana Menteri, sebagai pemimpin pemerintahan, dan tidak perlu membentuk koalisi, walaupun ia mungkin akan butuh dukungan dari Partai DUP atau Liberal Demokrat.

Bahkan jika pemimpin Partai Buruh Ed Miliband bisa membujuk Liberal Demokrat untuk bergabung bersama Partai Buruh dan SNP untuk membentuk pemerintahan, ia tak akan memperoleh cukup kursi untuk meloloskan program-programnya di parlemen. (bbc.com)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home