Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 17:11 WIB | Senin, 10 Agustus 2015

HUT ke-50 Singapura, Ribuan Individu Menerima Anugerah dari Pemerintah

Ilustrasi: Mantan Menteri Kabinet Singapura, S Dhanabalan. (Foto: straitstimes.com).

SINGAPURA, SATUHARAPAN.COM –  Sebanyak 3880 individu menerima Anugerah Hari Nasional dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-50 Singapura.

Seperti diberitakan mediacorp.sg, Minggu (9/8). Penghargaan itu diberikan kepada insan yang berkontribusi besar kepada Layanan Publik, para penerima penghargaan adalah orang sipil dan sisanya adalah mereka dari pasukan polisi dan tentara.

Para penerima menghargaan salah satunya adalah Mantan Menteri Kabinet Singapura, S Dhanabalan yang diberikan Anugerah Darjah Utama Temasek (Kelas Pertama).  Dhanabalan dahulu merupakan anggota Dewan Pertimbangan Presiden dan mantan ketua perusahaan investasi Temasek Holdings.

Dia pernah menjabat di salah satu posisi tertinggi di Lembaga Kemajuan Ekonomi mulai dari 1961 sampai 1968.  

Setelah menjabat menteri, Dhanabalan menjadi anggota sebuah kelompok yang mendirikan Bank Pembangunan Singapura yang kini dikenal sebagai DBS, di mana ia menjabat komisaris mulai dari 1968 hingga 1978.

Setelah menerima hadiah Dhanabalan mengatakan ia  senang menerima penghargaan karena dapat melayani dengan sebuah tim yang penuh dedikasi, baik dalam bidang politik maupun dunia usaha.

 Lim Siong Guan, Presiden Grup GIC (Government of Singapore Investment Corporation) mengatakan Dhanabalan saat menjabat menteri menjalankan pemerintahan dengan pengetahuan dan pemahaman  yang mendalam tentang tujuan pengelolaan cadangan negara.

“Rakyat Singapura sekarang dan di masa depan, akan dapat terus memanfaatkan jasanya yang cemerlang dan penuh dedikasi kepada negara,” kata Lim.

Mantan Menteri Negara Sidek Saniff mantan penasehat Organisasi Akar Umbi Aljunied menerima Darjah Utama Bakti Cemerlang, penghargaan tertinggi bagi warga Singapura keturunan Melayu tahun ini.

Sementara, Imam Masjid Ba'alwie Syed Hassan bin Syed Mohamed bin Salim Al-Attas, Presiden MUIS (Majelis Agama Islam Singapura), Mohammad Alami Musa dan Iskandar Jalil, ahli tembikar tersohor negara menerima Medali Layanan Merit juga mendapat penghargaan.

Turut menerima penghargaan tahun ini adalah  Stephan Lee, yang mendapat tiga penghargaan yakni  Penghargaan Derajat Nila Utama (First Class) karena membantu menciptakan semangat kerja yang membangun dengan pemerintah, serikat dan majikan.

Presiden Federasi Pengusaha Nasional Singapura dari Juli 1988 sampai Agustus 2014 itu memainkan peran penting dalam mempermudah negosiasi tiga pihak tentang isu-isu yang mempengaruhi tenaga kerja Singapura. Ini termasuk pengabdiannya dalam Dewan Gaji Nasional sejak 1978.  

Tahun 2015 juga merupakan tahun yang sangat bersejarah bagi Singapura dan mereka yang berperan turut mendapat pengakuan di bidang media, diantaranya  penerima Bintang Bakti Masyarakat, Tan Lek Hwa, Wakil Presiden Senior Penerbitan Rencana MediaCorp mendapat penghargaan dikarenakan liputan televsi terlengkap saat meninggalnya mendiang Perdana Menteri Singapura Lee Kuan Yew.  

Nicholas Fang, salah seorang dari dua chef de mission kontingen Team Singapore untuk SEA Games ke-28 yang meraih 84 medali emas untuk Singapura. Atas perannya dalam memimpin kontingen negara, beliau dianugerahi Medali Bakti Masyarakat.

Fang setelah menerima penghargaan berharap kinerja para atlit negara di pesta olahraga tersebut akan merangsang lebih banyak orang untuk terus mengangkat budaya olahraga di Singapura. (mediacorp.sg)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home