Loading...
DUNIA
Penulis: Kris Hidayat 07:34 WIB | Jumat, 29 November 2013

IAEA: Gambar Satelit Tunjukkan Korut Aktifkan Kembali Reaktor

Rudal Korea Utara di lapangan Kim Il Sung. (Foto: telegraph.co.uk)

WINA, SATUHARAPAN.COM – Aktivitas yang terpantau di reaktor Yongbyon, Korea Utara mengindikasikan upaya untuk mengoperasikan kembali reaktor yang bisa menyediakan kadar plutonium untuk senjata, tutur badan nuklir PBB pada Kamis (28/11).

“Badan tersebut terus memantau perkembangan di reaktor Yongbyon, terutama melalui gambar satelit,” ujar kepala IAEA (International Atomic Energy Agency) Yukiya Amano.

“Aktivitas yang terpantau di reaktor itu sesuai dengan upaya untuk mengoperasikan kembali... reaktor itu,” ujar Amano dalam pertemuan rutin tertutup dewan gubernur IAEA.

“Namun, saat badan (IAEA) tidak memiliki akses ke reaktor itu, sulit bagi kami untuk secara konklusif menentukan apakah reaktor tersebut sudah dioperasikan kembali,” ujarnya, menurut teks pidatonya yang diberikan IAEA.

Badan mata-mata Korea Selatan National Intelligence Service (Dinas Intelijen Nasional/NIS) pada 8 Oktober mengatakan dalam sebuah laporan kepada parlemen bahwa reaktor itu kembali dioperasikan. 

Laporan tersebut menindaklanjuti gambar satelit dari Institut Korea-AS di Johns Hopkins University dan Institute for Science and International Security yang menunjukkan aktivitas di reaktor tersebut.

Reaktor Yongbyon ditutup pada Juli 2007 dan Pyongyang mulai menonaktifkan reaktor penting tersebut, menghancurkan menara pendingin reaktor plutonium tersebut secara terbuka pada 2008.(Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home