Loading...
EKONOMI
Penulis: Eben Ezer Siadari 20:34 WIB | Sabtu, 06 Juni 2015

IMF Bantu Irak Rp 11,2 Triliun Hadapi ISIS

Bendungan Mosul yang ditutup oleh Irak yang memunculkan kekhawatiran timbulnya krisis kemanusiaan di Irak utara (Foto: Reuters)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM -Dana Moneter Internasional (IMF) pada Jumat (05/06) mengatakan pihaknya menyiapkan dana bantuan darurat 833 juta dolar AS (sekitar Rp11,2 triliun) untuk Irak saat negara tersebut memerangi ISIS.

IMF mengatakan sebuah misi telah disepakati mengenai bantuan untuk pemerintah Irak di bawah program Rapid Financing Instrument (Instrumen Pembiayaan Cepat), dibawah persetujuan manajemen IMF, yang sepertinya akan dikeluarkan pada Juli.

“IMF siap membantu Irak dalam upayanya mengatasi dampak ekonomi dari konflik dengan ISIS dan penurunan harga minyak dunia,” katanya.

“Konflik bersenjata terus melanda sumber daya negara tersebut dan telah menciptakan tragedi kemanusiaan, dengan sekitar tiga juta orang terlantar di dalam negeri. Kekerasan itu juga menyebabkan kerusakan besar pada infrastruktur dan aset sektor swasta.”

IMF mengatakan perekonomian Irak turun 2,1 persen tahun lalu “sebagian besar akibat kekerasan,” dan mungkin hanya tumbuh 0,5 persen tahun ini. (Ant/AFP)


Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home