Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 11:39 WIB | Sabtu, 15 Mei 2021

India: 18 Gajah Mati, Diduga Tersambar Petir

Tim dokter hewan memeriksa tubuh gajah liar yang diduga tewas tersambar petir, di lereng bukit di distrik Nagaon negara bagian Assam di India pada hari Jumat (14/5). (Foto: AFP/Biju Boro)

GUWAHATI, SATUHARAPAN.COM-Kawanan gajah liar Asia beranggota 18 ekor ditemukan mati di negara bagian Assam, India timur, kemungkinan karena sambaran petir besar-besaran, kata pejabat setempat pada hari Jumat (14/5).

Empat belas gajah dewasa ditemukan mati oleh penduduk desa pada hari Kamis (13/5), dan empat lainnya ditemukan tersebar di kaki bukit kawasan hutan cagar alam Kundoli di Assam, 160 kilometer dari ibu kota negara bagian Dispur, kata pejabat satwa liar setempat, MK Yadava kepada Reuters.

Pemerintah negara bagian memerintahkan penyelidikan tingkat tinggi atas insiden tersebut pada hari Jumat, kata menteri kehutanan dan satwa liar Assam, Parimal Suklabaidya.

"Sebuah laporan awal menunjukkan kematian bisa jadi karena petir, meskipun kami perlu mencari tahu melalui tes forensik jika ada alasan lain seperti keracunan atau penyakit," tambah menteri.

Penduduk setempat yang menemukan gajah mengatakan hewan-hewan itu bisa saja terbunuh oleh sambaran petir pada hari Rabu (12/5) malam, kata seorang penjaga hutan setempat, seraya menambahkan dia telah melihat pohon-pohon yang terbakar di daerah itu.

Penjaga hutan menolak disebutkan namanya karena dia tidak berwenang untuk berbicara dengan media. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home