Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:25 WIB | Selasa, 22 Maret 2016

India Barat Larang Warga Berkumpul Pascaperebutan Air

Ilustrasi kekeringan di Maharashtra India. (Foto: bbc.com)

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM  - “Otoritas di India barat, melarang orang berkumpul berkelompok di dekat sumber air di sebuah kota yang mengalami kekeringan menyusul pertikaian antarwarga,“ kata pejabat pada Senin (21/3).

Dnyaneshwar Chavan, kepala kepolisian Latur, di negara bagian Maharashtra, mengatakan lebih dari lima orang tidak diperbolehkan berkumpul bersamaan di sungai dan tangki penampungan umum, karena khawatir ada perebutan air.

“Sudah ada beberapa insiden kekerasan,” kata Chavan kepada AFP.

Latur, adalah bagian dari wilayah Marathwada di Maharashtra, yang dilanda kekeringan. Beberapa laporan media mengatakan ribuan orang, sebagian besar petani miskin, meninggalkan daerah itu akibat kelangkaan air.

Tahun lalu, sekitar 1.400 petani melakukan bunuh diri di wilayah tersebut karena gagal panen akibat kekurangan air dan tidak mampu melunasi pinjaman.

Penyebab Petani Bunuh Diri

Pada bulan Februari tahun  2015,  Ram Rao Narayan Panchlenvar seorang petani, mencoba meracuni dirinya. Setelah hujan menghancurkan tanaman kapas, ia kehilangan harapan mendapatkan sesuatu dari peternakan di negara bagian barat Maharashtra. Ini adalah tahun ketiga berturut-turut tanaman telah gagal, pertama karena tahun kekeringan, dan kemudian dua tahun hujan sebelum waktunya. Dia meminjam uang untuk pertanian dan membayar untuk pernikahan putrinya, Panchlenvar tidak tahu bagaimana ia akan hidup untuk memenuhi nafkahnya. Sekarang ia mengambil kapas kecil yang tidak dirusak oleh cuaca, sangat berharap pemerintah bisa mendukung petani seperti dia.

Dalam 20 tahun terakhir, hampir 300.000 petani bunuh diri, kata National Bureau Crime Record India.

Curah hujan curah dan hujan batu es di banyak bagian India dalam beberapa pekan terakhir telah menghancurkan tanaman, memberikan tekanan lebih lanjut pada petani miskin, dan mendorong banyak dari mereka untuk bunuh diri, seperti yang diberitakan bbc.com 

Pemerintah negara bagian Maharashtra mengatakan bahwa sedang mencoba untuk membantu petani dan keluarga mereka - termasuk konsesi pada tagihan listrik dan menutupi pembayaran bunga pinjaman. Tapi itu mengakui skema lain yang bertujuan untuk mencoba untuk mencegah kekeringan melalui konservasi air tidak bekerja.
 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home