Loading...
FOTO
Penulis: Melki Pangaribuan 16:19 WIB | Rabu, 08 Maret 2017

Indonesia-Sri Lanka Sepakati Perjanjian Perdagangan Bebas

Indonesia-Sri Lanka Sepakati Perjanjian Perdagangan Bebas
Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena (kedua dari kiri) dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan penandatanganan tiga nota kesepahaman yang akan semakin memperkuat kerja sama Indonesia dan Sri Lanka dalam kunjungan kepala negara anggota IORA di Istana Merdeka, Jakarta, hari Rabu (8/3). (Foto-foto: BPMI Setpres)
Indonesia-Sri Lanka Sepakati Perjanjian Perdagangan Bebas
Presiden Jokowi menyopiri mobil golf didampingi Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena yang duduk disebelahnya di Istana Merdeka, Jakarta, hari Rabu (8/3).
Indonesia-Sri Lanka Sepakati Perjanjian Perdagangan Bebas
Veranda talk kembali dilakukan yang sekaligus menunjukkan persahabatan dan arti penting kehadiran Presiden Sirisena di Tanah Air.
Indonesia-Sri Lanka Sepakati Perjanjian Perdagangan Bebas
Pertemuan bilateral antara Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena (kedua dari kiri) berserta delegasi dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama sejumlah menteri Kabinet Kerja di Istana Merdeka, Jakarta, hari Rabu (8/3).
Indonesia-Sri Lanka Sepakati Perjanjian Perdagangan Bebas
Kedatangan Presiden Sirisena dari silang Monas dikawal oleh korps musik, pasukan berkuda, dan juga pasukan Nusantara dari Pasukan Pengamanan Presiden dan tiba sekitar pukul 10.00 WIB.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sukacitanya karena dapat menyambut kehadiran Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena di Istana Merdeka, Jakarta, hari Rabu (8/3).

"Saya senang hari ini dapat menerima kunjungan Presiden Maithripala Sirisena di Jakarta. Kunjungan kenegaraan ini merupakan kunjungan pertama kali Presiden Sirisena ke Indonesia dan kunjungan bersejarah sejak kunjungan terakhir 41 tahun yang lalu," Presiden Jokowi mengawali pernyataannya usai pertemuan bilateral keduanya.

Pertemuan keduanya hari ini berlangsung bersahabat dan produktif. Sejumlah kesepakatan berhasil dicapai oleh kedua negara. Kesepakatan pertama ialah persetujuan kedua belah pihak untuk mengadakan perjanjian perdagangan bebas.

"Dalam pembicaraan tadi, kami membahas beberapa hal. Yang pertama, penguatan kerja sama di bidang ekonomi. Indonesia menyampaikan kesediaannya untuk mendukung pembangunan di Sri Lanka dan juga kita akan menindaklanjuti nantinya dengan membuat free-trade agreement," ujar Presiden Jokowi.

Indonesia dan Sri Lanka juga bersepakat untuk meningkatkan kerja sama melalui pertukaran pengalaman dan peningkatan kapasitas. Di samping itu, kedua kepala negara turut menyaksikan penandatanganan tiga nota kesepahaman yang akan semakin memperkuat kerja sama Indonesia dan Sri Lanka.

"Kunjungan ini juga menghasilkan tiga kesepakatan yang semakin memperkuat kerja sama Indonesia dan Sri Lanka, yaitu MoU di bidang kelautan dan perikanan, komunike bersama penanganan IUU (illegal, unreported and unregulated) fishing, dan MoU bersama di bidang industri tradisional," katanya mengakhiri pernyataan.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Sirisena menyampaikan terima kasihnya atas sambutan hangat yang diberikan oleh Indonesia dalam kunjungan pertama dan bersejarahnya ini. Baginya, kunjungan ini merupakan kunjungannya yang pertama ke Indonesia.

Senada dengan Presiden Joko Widodo, Sirisena juga menegaskan persahabatan yang telah dijalin kedua negara sejak lama.

"Kita telah menjadi mitra dalam banyak inisiatif internasional seperti Konferensi Colombo dan Konferensi Bandung pada tahun 1955," ujar Sirisena.

Sirisena juga menyampaikan ucapan selamat kepada Presiden Joko Widodo atas keberhasilan kepemimpinan Indonesia di IORA dan suksesnya penyelenggaraan KTT IORA yang pertama. Ia sekaligus menyampaikan komitmennya untuk lebih meningkatkan kemitraan kedua negara.

"Pemerintahan Sri Lanka dan saya pribadi berkomitmen untuk lebih meningkatkan hubungan kita di area yang menjadi kepentingan kita bersama. Kedua negara akan berjalan berdampingan untuk sama-sama memperkuat ekonominya dan saling bekerja sama dalam bidang ketahanan pangan, pertanian, perikanan, transfer teknologi, perkeretaapian, irigasi, pariwisata, kesehatan, pendidikan dan penelitian, pengembangan keterampilan, serta bidang-bidang lainnya," ujarnya.

Turut hadir mendampingi Presiden, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Ristek dan Pendidikan Tinggi M Nasir, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. (PR)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home