Loading...
FOTO
Penulis: Melki Pangaribuan 15:28 WIB | Rabu, 08 Maret 2017

Jokowi Sambut Presiden Sri Lanka Sirisena di Istana

Jokowi Sambut Presiden Sri Lanka Sirisena di Istana
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersalaman dengan Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena dalam kunjungan kepala negara anggota IORA di Istana Merdeka, Jakarta, hari Rabu (8/3). (Foto: BPMI Setpres)
Jokowi Sambut Presiden Sri Lanka Sirisena di Istana
Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena mengisi buku tamu negara di Istana Merdeka, Jakarta, hari Rabu (8/3).
Jokowi Sambut Presiden Sri Lanka Sirisena di Istana
Para pelajar yang turut menyambut kedatangan Presiden Sirisena sambil mengibarkan bendera kedua negara sebagai tanda persahabatan.
Jokowi Sambut Presiden Sri Lanka Sirisena di Istana
Presiden Joko Widodo bersalaman dengan delegasi dan rombongan Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena di Istana Merdeka, Jakarta, hari Rabu (8/3).
Jokowi Sambut Presiden Sri Lanka Sirisena di Istana
Turut hadir mendampingi Presiden, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Ristek dan Pendidikan Tinggi M Nasir, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) diagendakan menerima kunjungan dua kepala negara anggota IORA di Istana Merdeka, Jakarta, hari Rabu (8/3).

Kunjungan pertama didahului dengan kunjungan Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena pada pagi hari dan pada sore harinya, Presiden Jokowi diagendakan untuk menerima kunjungan dari Presiden Afrika Selatan Jacob Gedleyihlekisa Zuma.

Kedatangan Presiden Sirisena dari silang Monas dikawal oleh korps musik, pasukan berkuda, dan juga pasukan Nusantara dari Pasukan Pengamanan Presiden dan tiba sekitar pukul 10.00 WIB.

Di sekitar halaman Istana Merdeka, telah berbaris rapi para pelajar yang turut menyambut kedatangan Sirisena sambil mengibarkan bendera kedua negara sebagai tanda persahabatan.

Usai upacara kenegaraan dan pemeriksaan pasukan, Presiden Joko Widodo dan Presiden Sirisena langsung memasuki Istana Merdeka. Dalam penerimaan tamu negara ini, veranda talk kembali dilakukan yang sekaligus menunjukkan persahabatan dan arti penting kehadiran Presiden Sirisena di Tanah Air.

Saat memulai pertemuan bilateral,  Joko Widodo kembali menegaskan persahabatan antara kedua negara yang telah lama terjalin. Hal ini sekaligus menandakan 65 tahun hubungan diplomatik keduanya.

"Setelah kunjungan kenegaraan terakhir oleh Perdana Menteri Sri Lanka tahun 1976 atau 41 tahun yang lalu, tahun ini menandai 65 tahun hubungan diplomatik antara Sri Lanka dan Indonesia yang tentunya perlu kita rayakan," kata Presiden Jokowi. 

"Bagi Indonesia, Sri Lanka merupakan sahabat dekat dan kita bersama-sama menggagas Konferensi Asia-Afrika dan melahirkan Gerakan Non-Blok," dia menambahkan. (PR)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home