Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 14:01 WIB | Sabtu, 11 Juni 2016

Indonesia Tingkatkan Kerja Sama Bisnis dengan Cile

ITPC Santiago menggelar business dinner untuk meningkatkan jaringan kerja sama dengan para buyer di Cile sekaligus mensosialisasikan Primaduta Award 2016. (Foto: kemendag.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Melambatnya perekonomian dunia tidak membuat hubungan Indonesia-Cile merenggang. Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Santiago menggelar business dinner untuk meningkatkan jaringan kerja sama dengan para buyer di Cile belum lama ini sekaligus mensosialisasikan Primaduta Award 2016.

“Selain mensosialisasikan Primaduta Award 2016, kegiatan ini juga digelar untuk mempromosikan dan mengundang para buyer untuk berpartisipasi dalam Trade Expo Indonesia (TEI) 2016. Dalam business dinner ini juga dibahas perkembangan perundingan Indonesia-Chile Comprehensive Economic Partnership Agreement (IC-CEPA),” kata Kepala ITPC Lagos Prihadi Andi Sugiono dalam keterangan tertulis, hari Jumat (10/6).

Berdasarkan data dari Servicio Nacional de Aduanas Chile, ITPC Santiago bekerja sama dengan KBRI Santiago memverifikasi data impor para buyer Cile dari Indonesia selama periode 2011-2015. Prihadi mengusulkan 21 perusahaan Cile untuk dinominasikan Primaduta Award 2016, yang terdiri atas 11 UKM dan 10 perusahaan dengan nilai impor tertinggi.

Beberapa perusahaan telah mengimpor dari Indonesia sejak lebih dari 10 tahun lalu, di antaranya Nike, Adidas, LG, Epson, Derco, Puma, Schneider, Maipo, Baterias Cyclon, dan Kudams Limitada.

“Nike, Adidas, dan Midesa adalah tiga perusahaan pemenang tahun lalu, sedangkan Midesa memenangkan Primaduta Award 2014,” kata Prihadi.

Sementara itu, beberapa perusahaan mengalami pertumbuhan impor signifikan pada periode 2014-2015, yaitu Nipro Medical (peralatan medis sekali pakai) 137 persen, EPC Chile (serat plastik) 108 persen, Area Design (furnitur) 100 persen, Emasa (suku cadang kendaraan) 71 persen, Midesa (rumput laut) 42 persen, dan Megalux (lensa dan kontak lensa) 38 persen.

Primaduta Award merupakan penghargaan dari Kementerian Perdagangan yang diberikan kepada para importir yang mengimpor produk Indonesia secara rutin dan besar. Pemberian penghargaan Primaduta pada tahun ini diharapkan dapat mendukung perkembangan perdagangan Indonesia-Cile di masa datang.

Prihadi menambahkan, tidak hanya business dinner, ITPC Santiago juga memanfaatkan LATAM Airlines in-flight magazine edisi April 2016 untuk mensosialisasikan Primaduta Award 2016 dan mempromosikan TEI 2016.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home