Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:56 WIB | Sabtu, 11 Februari 2023

Intelijen Inggris: Rusia Kehilangan Puluhan Kendaraan Lapis Baja di Ukraina

Seorang anggota dinas Ukraina menembakkan mortir ke arah pasukan Rusia di garis depan dekat kota Vuhledar, di tengah serangan Rusia ke Ukraina, di wilayah Donetsk, Ukraina 7 Februari 2023. (Foto: dok. Reuters)

KIEVF, SATUHARAPAN.COM -Pasukan Rusia kemungkinan kehilangan puluhan kendaraan lapis baja selama serangan yang gagal di kota Vuhledar, Ukraina timur, kata intelijen Inggris pada Jumat (10/2).

Vuhledar, benteng yang dikuasai Ukraina di persimpangan strategis antara garis depan timur dan selatan, telah menyaksikan beberapa pertempuran paling berdarah dalam perang saat Rusia melanjutkan serangan tanpa henti di front timur.

“Pasukan Rusia kemungkinan melarikan diri dan meninggalkan setidaknya 30 kendaraan lapis baja yang sebagian besar utuh dalam satu insiden setelah serangan yang gagal,” kata kementerian pertahanan Inggris dalam pengarahan harian. Reuters tidak dapat segera memverifikasi hilangnya tank yang dilaporkan.

Kementerian pertahanan Rusia belum mengomentari laporan itu tetapi mengatakan operasi militer di dekat Vuhledar dan kota Bakhmut di Ukraina timur - yang coba dikepung oleh Rusia - berjalan dengan baik.

Pasukannya telah memperjelas, jika bertahap, kemajuan di daerah itu dalam sebulan terakhir, terutama merebut kota tambang garam Soledar di sebelah utara Bakhmut.

Blogger Rusia, yang seringkali sangat kritis terhadap kinerja petinggi militer negara itu di Ukraina, juga berbicara tentang kerugian yang dilaporkan di Vuhledar.

Seorang blogger militer mengatakan pada hari Kamis (9/2) bahwa 31 tank telah dihancurkan oleh drone Ukraina setelah mereka dikirim tanpa perlindungan artileri, memposting ulang gambar dari saluran Telegram Ukraina yang membagikan foto dari zona pertempuran.

“Tiga puluh satu kendaraan lapis baja dari Brigade Marinir Pengawal Terpisah ke-155 dari Armada Pasifik Rusia dihancurkan selama penyerangan di Vuhledar,” kata blogger militer Moscow Calling.

Grey Zone, saluran Telegram semi resmi dari kelompok tentara bayaran Wagner, mengatakan dalam sebuah postingan bahwa "bencana sedang terjadi di sekitar Vuhledar, dan terus terjadi lagi dan lagi".

Menjelang peringatan invasi Rusia pada 24 Februari, Kiev mengatakan Moskow telah mengorbankan gelombang demi gelombang tentara dan tentara bayaran dalam serangan sia-sia untuk mendapatkan keuntungan teritorial di wilayah tersebut. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home