Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:16 WIB | Jumat, 04 November 2022

Iran Peringati Penyerbuan Kedutaan AS di Teheran tahun 1979

Demonstran Iran membakar representasi bendera AS dan Israel saat karakter Paman Sam bereaksi selama demonstrasi tahunan di depan bekas Kedutaan Besar AS di Teheran, Iran, Jumat, 4 November 2022. (Foto: AP/Vahid Salemi)

TEHERAN, SATUHARAPAN.COM-Iran pada hari Jumat (4/11) memperingati pengambilalihan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Teheran pada tahun 1979 ketika teokrasinya menghadapi protes nasional setelah kematian seorang perempuan berusia 22 tahun yang sebelumnya ditangkap oleh polisi moral negara itu.

Televisi pemerintah Iran menayangkan siaran langsung dari berbagai peringatan di seluruh negeri, dengan beberapa di Teheran melambaikan plakat drone Iran berbentuk segitiga yang sekarang digunakan Rusia untuk menyerang sasaran dalam perangnya di Ukraina.

Sementara itu, kerumunan di Teheran tampak besar dengan perempuan bercadar yang mengibarkan bendera Republik Islam Iran, dan peringatan lain di negara itu tampak lebih kecil, dengan hanya beberapa lusin orang yang ambil bagian.

Presiden garis keras Iran, Ebrahim Raisi, berbicara kepada orang-orang yang berkumpul di depan bekas Kedutaan Besar AS, mengkritik mereka yang memprotes teokrasi.

“Siapa pun yang mengambil langkah terkecil ke arah pelanggaran keamanan dan kerusuhan, harus tahu bahwa mereka melangkah ke arah musuh Revolusi Islam,” katanya. “Orang Amerika berpikir mereka dapat menjalankan rencana yang mereka lakukan di beberapa negara seperti Suriah dan Libya di sini. Sungguh mimpi yang salah!”

Mereka yang hadir dalam peringatan itu juga melambaikan patung Presiden Prancis, Emmanuel Macron, dan Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman. Tanda dan nyanyian dari kerumunan berteriak: “Matilah Amerika! Kematian bagi Israel!"

Demonstrasi yang telah mengguncang Iran selama lebih dari enam pekan setelah kematian Mahsa Amini menandai salah satu tantangan terbesar bagi para ulama penguasa negara itu sejak mereka merebut kekuasaan dalam Revolusi Islam 1979. Setidaknya 300 pengunjuk rasa telah tewas dan 14.000 ditangkap sejak kerusuhan dimulai, menurut Aktivis Hak Asasi Manusia di Iran, sebuah kelompok yang telah memantau tindakan keras terhadap demonstran.

Pemerintah Iran belum menyebutkan jumlah korban tewas secara keseluruhan, dengan satu surat kabar negara bahkan membuat klaim kontrafaktual bahwa tidak ada yang terbunuh oleh pasukan keamanan selama 49 hari protes.

Kemudian pada hari Jumat (4/11), protes dimulai di Provinsi Sistan dan Baluchestan tenggara Iran, yang telah mengalami kerusuhan selama beberapa pekan. Video online dimaksudkan untuk menunjukkan orang-orang berbaris di jalan-jalan, dengan suara tembakan di latar belakang. Beberapa pengunjuk rasa tampak berlumuran darah. Tidak segera jelas berapa banyak orang yang terluka.

Seorang ulama Syiah dilaporkan ditembak mati pada hari Kamis di Sistan dan Baluchestan, sebuah provinsi yang telah lama bergolak yang didominasi Sunni.

Kaum garis keras di Iran telah lama mengantar pegawai pemerintah dan lainnya ke dalam demonstrasi pada 4 November, yang memiliki nuansa seperti karnaval bagi para mahasiswa dan orang lain yang ambil bagian di Jalan Taleqani di pusat kota Teheran.

Tahun ini, bagaimanapun, tetap jelas harapan teokrasi Iran untuk memberi energi pada basis garis kerasnya. Beberapa tanda bertuliskan "Kami Taat Kepada Pemimpin," mengacu pada Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei yang berusia 83 tahun, yang memiliki keputusan akhir atas semua masalah negara di negara itu. Demonstrasi selama beberapa pekan termasuk teriakan yang menyerukan kematian Khamenei dan penggulingan pemerintah.

Peringatan tahunan menandai ketika demonstran mahasiswa memanjat pagar di kedutaan besar AS pada 4 November 1979, marah oleh Presiden Jimmy Carter yang mengizinkan Shah Mohammad Reza Pahlavi yang sakit parah untuk menerima perawatan kanker di Amerika Serikat.

Para  mahasiswa segera mengambil alih seluruh kompleks yang rimbun. Beberapa staf melarikan diri dan bersembunyi di rumah duta besar Kanada untuk Iran sebelum melarikan diri dari negara itu dengan bantuan CIA, sebuah cerita yang didramatisasi dalam film tahun 2012 berjudul “Argo.”

Krisis 444 hari membuat Amerika terpaku, saat gambar-gambar malam sandera yang ditutup matanya diputar di televisi di seluruh negeri. Iran akhirnya melepaskan semua tawanan pada hari Carter meninggalkan kantor pada hari pelantikan Ronald Reagan pada tahun 1981.

Permusuhan antara Iran dan AS telah surut dan melonjak selama beberapa dekade sejak itu. AS dan kekuatan dunia mencapai kesepakatan nuklir dengan Iran pada 2015 yang secara drastis membatasi programnya dengan imbalan pencabutan sanksi internasional. Namun, Presiden Donald Trump saat itu secara sepihak menarik diri dari kesepakatan pada 2018, memicu ketegangan selama bertahun-tahun.

Har Kamis malam di California pada rapat umum sebelum pemilihan paruh waktu AS, Presiden Joe Biden juga menghentikan pidatonya untuk berpidato di depan orang banyak yang mengangkat ponsel yang menampilkan pesan "FREE IRAN."

“Jangan khawatir, kita akan membebaskan Iran,” kata Biden di samping selama kampanye untuk Wakil Demokrat Mike Levin. Dia menambahkan, "Mereka akan segera membebaskan diri."

Dalam pidatonya hari Jumat, Raisi merujuk pada komentar Biden. "Mungkin dia mengatakan ini karena kurang konsentrasi... Dia mengatakan kami bertujuan untuk membebaskan Iran," kata Raisi. "Tn. Presiden! Iran dibebaskan 43 tahun yang lalu, dan bertekad untuk tidak menjadi tawanan Anda lagi. Kita tidak akan pernah menjadi susu sapi.”

Biden mengatakan dia bersedia agar AS bergabung kembali dengan kesepakatan nuklir, tetapi pembicaraan telah gagal. Sejak protes dimulai pada pertengahan September, posisi Amerika tampaknya telah mengeras dengan para pejabat mengatakan memulihkan kesepakatan bukanlah prioritas di tengah demonstrasi.

Pada hari Jumat, beberapa pengunjuk rasa melambaikan plakat atom raksasa sebagai pengingat bahwa Iran sekarang memperkaya uranium ke tingkat yang lebih dekat dari sebelumnya ke tingkat senjata. Pakar nonproliferasi memperingatkan Iran sekarang memiliki cukup uranium yang diperkaya untuk membuat setidaknya satu senjata nuklir jika mau, meskipun Teheran menegaskan programnya damai. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home