Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 17:55 WIB | Rabu, 02 November 2022

Ukraina Minta FIFA Keluarkan Iran dari Piala Dunia Qatar 2022

Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: dok. Ist)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Asosiasi sepak bola nasional Ukraina (UAF) akan mengajukan permintaan kepada badan internasional, FIFA, untuk melarang Iran berpartisipasi di Piala Dunia Qatar 2022.

Mengutip “pelanggaran hak asasi manusia sistematis di Iran,” komite eksekutif Asosiasi Sepak Bola Ukraina (UAF) mengatakan akan meminta dikeluarkannya Republik Islam Iran dari acara sepak bola global di Doha, yang dimulai akhir bulan ini.

Badan olahraga Ukraina mengatakan bahwa partisipasi Iran “mungkin melanggar prinsip dan norma Statuta FIFA,” sejalan dengan sanksi terhadap Iran dan “kemungkinan keterlibatan Iran dalam agresi militer Rusia terhadap Ukraina.”

Pada hari Selasa, CNN melaporkan bahwa Iran sedang bersiap untuk mengirimkan lebih banyak senjata ke Rusia untuk digunakan dalam perangnya melawan Ukraina.

Diperkirakan Iran akan mengirim sekitar 1.000 senjata, termasuk rudal balistik jarak pendek permukaan-ke-permukaan dan drone serang.

Drone Iran telah menjadi senjata utama dalam gudang senjata Rusia selama perangnya di Ukraina dan sering digunakan untuk menargetkan infrastruktur energi penting.

Awal bulan ini, tokoh sepak bola dan olahraga Iran dan kelompok hak asasi manusia, Open Stadiums, juga meminta FIFA untuk melarang tim nasional Iran, BBC melaporkan pada hari Senin.

FIFA belum mengomentari permintaan tersebut. Turnamen sepak bola terbesar dimulai pada 20 November dengan pertandingan pembukaan antara Qatar dan Ekuador di Al-Bayt Arena Doha.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home