Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 07:02 WIB | Rabu, 11 Februari 2015

Irene Juarai Catur Moscow Open 2015

Pecatur Putri Indonesia, Irene Kharisma Sukandar (Foto: Prasasta Widiadi)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM – Pecatur putri Indonesia Irene Kharisma Sukandar berhasil memenangkan Turnamen catur antar grand master mahasiswi bertajuk International RSSU Chess Cup Moscow Open 2015.

Seperti tertuang dalam kemlu.go.id, Selasa (10/2), Irene meraih total poin 7,5 dari hasil 6 kali menang 3 kali remis, unggul atas sejumlah mahasiswi dari beberapa negara Eropa Timur.

Turnamen ini merupakan kerja sama salah satu perguruan tinggi di Indonesia dan Rusia. Kegembiraan cabang olahraga catur Indonesia tidak hanya diraih oleh Irene, tetapi dalam kesempatan yang sama pecatur putra andalan Merah Putih, Susanto Megaranto meraih peringkat ketujuh di klasemen akhir kejuaraan Men’s Cup of Russia Stage 2015 yang diikuti 246 pecatur putra dari 29 negara.

Susanto mengumpulkan poin 6,5 hasil dari 4 kali menang, 5 kali remis, dan tanpa terkalahkan. Moscow Open merupakan kejuaraan catur terbesar di Eropa. Tahun ini, 1624 peserta dari 29 negara termasuk Indonesia, India, Iran, Kirgizstan, Latvia, Moldavia, Polandia, Rusia, Serbia, Amerika Serikat dan Uzbekistan.

Kejuaraan dibagi atas delapan turnamen termasuk turnamen untuk anak-anak yang diikuti 715 peserta. Total hadiah yang diberikan: 4,300,000 rubel (sekitar 65.000 dolar AS).

Irene Kharisma Sukandar merupakan salah satu pecatur putri Indonesia yang berpartisipasi pada Olimpiade Catur yang diselenggarakan di Norwegia pada pertengahan 2014 lalu.

Sebagaimana dikemukakan dalam fanpage resmi Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi – Catur Indonesia) tim catur putra  Indonesia yang pada Olimpiade Catur 2012 berakhir di peringkat 73, kali ini naik ke peringkat 43 dunia.

Sedangkan tim catur putri Indonesia yang pada empat babak awal membuat kejutan, dan pada babak ke-5 sempat menempati meja utama berhadapan dengan tim puteri Tiongkok, pada akhirnya terlempar ke peringkat ke-61 dunia dari 136 negara yang berpartisipasi.  Padahal Pada Olimpiade catur 2012, tim putri berhasil duduk di peringkat ke-22. (kemlu.go.id). 

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home