Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 10:38 WIB | Selasa, 09 Desember 2014

Medina Rengkuh Emas Kejuaraan Dunia Catur Pelajar

Medina Rengkuh Emas Kejuaraan Dunia Catur Pelajar
Pecatur putri andalan Indonesia, Medina Warda Aulia dalam sebuah kejuaraan catur pertengahan 2014 lalu. (Foto-foto: Prasasta Widiadi).
Medina Rengkuh Emas Kejuaraan Dunia Catur Pelajar
Pecatur putri andalan Indonesia, Medina Warda Aulia dalam sebuah kejuaraan catur pertengahan 2014 lalu.
Medina Rengkuh Emas Kejuaraan Dunia Catur Pelajar
Novendra Prihasmoro (kiri), dan Yoseph Teofilus Taher (paling kanan) saat memenangkan kejuaraan catur.
Medina Rengkuh Emas Kejuaraan Dunia Catur Pelajar
Novendra Prihasmoro (kaus biru depan) saat bermain pada kejuaraan catur.
Medina Rengkuh Emas Kejuaraan Dunia Catur Pelajar
Yoseph Teofilus Taher (kaus putih) saat berlaga di nomor catur cepat seleksi promosi dan degradasi di gedung Komite Olahraga Nasional Indonesia Provinsi DKI Jakarta.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Salah satu pecatur andalan Indonesia, Woman Grand Master (WGM) Medina Warda Aulia berhasil meraih medali emas dalam World Schools Chess Championships 2014 yang berlangsung di Juiz de Fora City, Brasil dalam turnamen yang berlangsung mulai dari Rabu (26/11) hingga Kamis (4/12).

Seperti tertuang di fanpage facebook Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) pada Minggu (7/12). Ketua Umum PB Percasi Hasjim Djojohadikusumo mengemukakan bahwa kemenangan sebagai sebuah hal yang membanggakan.

Pada kejuaraan World Schools Chess Championships 2014, para pecatur usia pelajar Indonesia keluar sebagai juara umum. Walau cuma mengirim dua belas pecatur pelajar, tim Indonesia berhasil keluar sebagai juara umum dengan merebut 4 medali emas, 3 medali perak, dan 1 medali perunggu.

“Dengan dua belas pecatur kita bisa mengungguli ratusan pecatur Brasil dan beberapa kali lipat pecatur negara Amerika Latin lainnya,” kata Ketua Umum PB Percasi Hasjim  Djojohadikusumo saat menerima para pecatur pelajar di Bandara Soekarno Hatta, Provinsi Banten, Minggu (7/12).   

Kejuaraan Catur Pelajar Dunia yang ke-10 ini diikuti 27 negara yang sebagian besar berasal dari Amerika Latin. Berikut adalah daftar nama Pecatur Pelajar Indonesia yang berhasil meraih medali:

Medali Emas: Novendra Prihasmoro di kelompok putra dan terbuka kategori usia di bawah 15 tahun, Medina Warda Aulia di kelompok pelajar putri usia di bawah 17 tahun, Afifa Ayyun Faruq di kelompok pelajar putri usia di bawah 15 tahun, Theodora Paulina Walukow di kelompok pelajar putri usia di bawah 11 tahun.

Medali Perak: Yoseph Theolifus Taher di kelompok putra atau terbuka usia di bawah 17 tahun, Michael Owen di kelompok terbuka kategori usia di bawah 13 tahun, Evi Yuliana di kelompok pelajar putri usia di bawah 13 tahun.

Medali Perunggu:  Metalia Widya Diantika di kelompok pelajar putri usia di bawah 13 tahun.

Hasjim mengemukakan kemenangan tersebut merupakan wujud nyata fokus PB Percasi terhadap pembinaan para pecatur muda empat tahun terakhir ini.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home