Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 09:57 WIB | Sabtu, 28 September 2013

ISG 2013: Renang dan Atletik Sumban Medali, Mesir Teratas Perolehan Medali

Tiggy, maskot Islamic Solidarity Games (foto: inaisgoc2013southsumatera.com)

PALEMBANG, SATUHARAPAN.COM – I Gede Siman dan Sidik Triady Fauzi merupakan andalan tim renang putra Indonesia pada ajang Islamic Solidarity Games 2013 (ISG 2013) yang berlangsung di Aquatic Jakabaring, Palembang, Jumat (27/9). Siman menang pada nomor 100 meter gaya punggung putra, sama halnya dengan Sidik Triady pada nomor 200 meter gaya kupu-kupu putra.

Sidik Triadi menorehkan catatan waktu 1 menit 59 detik, diikuti perenang putra Turki, Karay Gonen dengan catatan waktu 2 menit 0,473 detik, dan yang meraih medali perunggu perenang Malaysia, Vernon Lie Jeau Zhi dengan 2 menit 0,491 detik.

Sementara Gede Siman, perenang yang juga menyumbangkan emas bagi Indonesia malam tadi mencatatkan waktu 55,69 detik, dan diikuti perenang Turki Guven Duvan dengan catatan waktu 56,85 detik, dan perunggu diraih perenang Malaysia, Jian Han tern dengan dua menit lebih lambat atau 58,01 detik.

Sukses yang diraih Gede Siman bukannya tanpa halangan pada saat teknis pertandingan, tetapi secara fisik dia masih pemulihan, hal tersebut membuat persiapannya sangat minim.

“Saya memang sedikit kesulitan untuk mengembalikan performa setelah terkena sakit cacar. saya memiliki persiapan hanya 4 hari untuk mengembalikan performa agar bisa bermain maksimal, tapi saya bersyukur bisa meraih medali emas hari ini," kata Siman.

Seusai meraih medali, Sidik Triadi berkomentar bahwa di kemudian hari kemenangan ini akan menjadi pelecut semangat baginya.

"Saya bersyukur bisa menyumbangkan 3 medali emas untuk Indonesia di ajang ISG ini, padahal sebelumnya saya tidak dipatok target oleh pelatih di ajang ini. Hasil ini akan saya jadikan motivasi untuk ke depan, sebab fokus utama yakni di SEA Games Myanmar," kata Triadi.

Sementara perenang putri Indonesia Enny Susilowati mempersembahkan medali perak di nomer 50 meter gaya bebas dengan catatan waktu (26.78 detik). Medali emas diraih oleh perenang Mesir Mai Mostafa (26.72 detik), sedangkan perunggu diraih perenang Turki Esra Kubra (26.80 detik).

Cabang Atletik

Dari cabang atletik, pada nomor lari gawang 400 meter putra, pelari Andrian asal Nusa Tenggara Barat hanya menempati posisi ketiga alias memperoleh medali perunggu, pada perhelatan ISG 2013 yang berlangsung pada hari yang sama di Stadion Atletik Jakabaring, Palembang.

Medali perunggu didapat Andrian dari nomor lari gawang 400 meter putra setelah dia menempati posisi ketiga dengan catatan waktu 51.66 detik dalam babak final  Sementara medali emas jatuh ke pelari Aljazair, Abdelmalik Lahoulu setelah menyentuh garis finish pertama dengan catatan waktu 50.96 detik. Disusul Mahemet Gazul dari Aljazair di posisi kedua dengan membukukan waktu 51.66 detik.

Perolehan Medali Keseluruhan: Indonesia Digeser Mesir

Perolehan medali Indonesia yang dua hari belakangan membuat Indonesia puas berada pada pimpinan sementara negara-negara yang memperoleh medali, akhirnya kembali disodok posisinya oleh Mesir.

Mesir menempati peringkat teratas dengan 18 medali emas, 19 perak dan 16 perunggu unggul dua emas dari Indonesia pada posisi kedua dengan perolehan 16 emas, 13 perak dan 19 perunggu.

Medali tambahan bagi mesir antara lain disumbangkan dari Halima Abdelazim Sedki Abas, angkat besi putri kelas 75 kilogram, Mohammed Ehssan Attia Massaoud, angkat besi putra kelas 105 kilogram, Mal Mustafa dari renang 50 meter gaya bebas putri, Jehad Abdelrahman, lempar lembing putra, dan Mostafa El Gamel, atletik lontar martil putra. Selain posisi pertama dan kedua, tidak terjadi perubahan posisi untuk peringkat tujuh besar karena Turki,  Malaysia, Iran, Azerbaijan dan Arab Saudi masih bertahan di posisi ketiga sampai ketujuh. (kemenpora.go.id)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home