Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:32 WIB | Jumat, 05 Januari 2024

ISIS Klaim Bertanggung Jawab Atas Serangan Bom Bunuh Diri di Iran

Serangan terjadi pada peringatan empat tahun tewasnya komandan IRGC, Jenderal Qassem Soleimani dalam serangan udara AS.
Orang-orang berjalan menuju makam mendiang komandan Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran Jenderal Qassem Soleimani di kota Kerman sekitar 820 kilometer tenggara ibu kota Teheran, Iran, Kamis, 4 Januari 2024. Penyelidik yakin pelaku bom bunuh diri kemungkinan besar melakukan serangan pada peringatan jenderal Iran yang terbunuh dalam serangan pesawat tak berawak AS pada tahun 2020, media pemerintah melaporkan pada hari Kamis, ketika Iran sedang bergulat dengan serangan korban massal terburuk dalam beberapa dekade dan ketika Timur Tengah masih berada dalam kegelisahan. (Foto: AP/Vahid Salemi)

TEHERAN, SATUHARAPAN.COM-Kelompok ISIS (Negara Islam Irak dan Suriah) pada Kamis (4/1) mengaku bertanggung jawab atas serangan dua bom bunuh diri yang menargetkan peringatan kematian seorang jenderal Iran dalam serangan pesawat tak berawak Amerika Serikat pada tahun 2020. Ini adalah serangan militan terburuk yang menyerang Iran dalam beberapa dekade sementara Timur Tengah yang lebih luas masih gelisah.

Para ahli yang mengikuti kelompok tersebut mengkonfirmasi bahwa pernyataan tersebut, yang beredar secara online di kalangan para jihadis, berasal dari para ekstremis, yang kemungkinan besar berharap untuk mengambil keuntungan dari kekacauan yang melanda wilayah tersebut di tengah perang Israel terhadap Hamas di Jalur Gaza.

Serangan hari Rabu (3/1) di Kerman menewaskan sedikitnya 84 orang dan melukai 284 orang lainnya. Serangan tersebut menargetkan upacara penghormatan Jenderal Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran, Qassem Soleimani, yang dianggap sebagai ikon oleh para pendukung teokrasi negara tersebut dan dipandang oleh militer AS sebagai musuh mematikan yang membantu militan yang membunuh tentara Amerika di Irak.

Pada hari Kamis, bongkahan aspal tampak hilang dari jalan raya tempat salah satu bom meledak, hal ini menunjukkan bahwa bom tersebut berisi pecahan peluru untuk meningkatkan dampak mematikannya. Tempat lain masih mengeluarkan darah beku dari korban yang terluka.

“Saat saya berbalik untuk memberi tahu saudara perempuan suami saya, 'Ayo pergi ke alun-alun,' bom meledak,” kata Mahdieh Sazmand, 38 tahun, kepada The Associated Press dari ranjang rumah sakitnya di Kerman. “Jika kita hanya 10 langkah lebih jauh, kita akan berada tepat di atas bom tersebut.”

Klaim kelompok ISIS mengidentifikasi dua penyerang tersebut sebagai Omar al-Mowahed dan Seif-Allah al-Mujahed. Klaim tersebut mengatakan para pria tersebut melakukan serangan dengan rompi peledak. Mereka juga menggunakan bahasa yang meremehkan ketika mendiskusikan kelompok Syiah, yang dianggap oleh kelompok ISIS sebagai bidah.

Pernyataan itu tidak menyebutkan kelompok ekstremis regional mana yang melakukan serangan tersebut, seperti klaim lain di masa lalu. Namun Aaron Y. Zelin, peneliti senior di The Washington Institute for Near East Policy, mengatakan bahwa beberapa klaim sebelumnya tidak merinci cabang regional tersebut, dan klaim terbaru datang langsung dari akun yang terkait dengan kelompok tersebut.

Kelompok tersebut kemungkinan besar berharap melihat Iran menyerang Israel, memperluas perangnya terhadap Hamas menjadi konflik regional yang berpotensi dimanfaatkan oleh ISIS, kata Zelin.

“Ini termasuk dalam modus operandi ISIS, terutama karena serangan ini memakan banyak korban jiwa,” kata Zelin. “Mereka seperti Joker. Mereka ingin melihat dunia terbakar. Mereka tidak peduli bagaimana hal itu terjadi selama hal itu menguntungkan mereka.”

Kelompok ISIS sebelumnya mengklaim serangan pada bulan Juni 2017 di Teheran terhadap parlemen dan makam Ayatollah Ruhollah Khomeini yang menewaskan sedikitnya 18 orang dan melukai lebih dari 50 orang. Kelompok ini juga mengklaim dua serangan lainnya.

Kelompok ekstremis tersebut, yang pernah menguasai wilayah luas di Irak dan Suriah dalam kekhalifahan yang dideklarasikannya pada tahun 2014, akhirnya dipukul mundur oleh pasukan pimpinan AS. Sejak itu, negara ini mengalami kekacauan, meskipun serangan besar-besaran telah terjadi. Di negara tetangga Afghanistan, misalnya, kelompok ISIS diyakini semakin kuat sejak jatuhnya pemerintah yang didukung Barat di tangan Taliban pada tahun 2021.

Iran Tuduh Israel

Klaim tersebut muncul ketika para ekstremis secara terpisah meminta para pendukungnya di seluruh dunia untuk membalas pertumpahan darah di Jalur Gaza dengan menyerang umat Kristen dan Yahudi. Kelompok ini juga mengkritik faksi-faksi Palestina yang bersekutu dengan Iran, dan mengatakan bahwa Teheran hanya memanfaatkan situasi ini untuk tampil sebagai pembela Palestina.

Pejabat pemerintah Iran tidak segera mengakui klaim tersebut, meskipun media pemerintah melaporkannya. Para pejabat secara tidak langsung menyalahkan Israel atas serangan tersebut dan di Kerman pada hari Kamis, orang-orang yang lewat menginjak tanda-tanda yang bergambar bendera Israel dengan slogan “Matilah Israel” yang ditulis dalam bahasa Farsi di seberangnya.

Laporan sebelumnya oleh kantor berita pemerintah IRNA, yang kemudian disiarkan oleh televisi pemerintah, mengutip “sumber informasi” yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan bahwa rekaman pengawasan dari rute menuju peringatan di Pemakaman Matryrs di Kerman dengan jelas menunjukkan seorang pria pelaku bom bunuh diri meledakkan bahan peledak.

Pejabat tersebut mengatakan ledakan kedua “mungkin” berasal dari pelaku bom bunuh diri lainnya, meskipun hal tersebut belum dapat dipastikan.

Mohammad Mehdi Ghalekhani, seorang sukarelawan pasukan Basij dari Garda Revolusi Isllam (IRGC) Iran, menderita luka dalam serangan yang dia gambarkan sebagai serangan yang mengerikan.

“Saya tidak mengerti apa yang sebenarnya terjadi, ini terjadi sangat tiba-tiba,” katanya kepada AP. “Saat ini terjadi banyak orang meninggal, dan sebagian besar orang terluka. Mereka yang meninggal tidak memiliki bagian tubuh yang utuh, tidak ada seluruh tangan atau wajah.”

Laporan media pemerintah Iran memberikan jarak baru mengenai seberapa jauh ledakan terjadi, dan menggambarkan ledakan tersebut terjadi 1,5 kilometer (sekitar satu mil) dan 2,7 kilometer (1,68 mil) dari ruang bawah tanah Soleimani. Pejabat tersebut mengatakan para pelaku bom kemungkinan memilih lokasi tersebut karena mereka berada di luar batas keamanan untuk peringatan tersebut.

Jumlah korban tewas sebelumnya sebanyak 103 orang, direvisi dua kali lebih rendah setelah para pejabat menyadari bahwa beberapa nama telah disebutkan dalam daftar korban, karena parahnya luka yang diderita beberapa korban tewas, kata otoritas kesehatan. Namun banyak korban luka berada dalam kondisi kritis, sehingga jumlah korban tewas mungkin bertambah.

Pihak berwenang berencana mengadakan upacara pemakaman massal pada hari Jumat (5/1) bagi mereka yang tewas, meskipun rencana acara tersebut diubah pada Kamis malam, kemungkinan karena masalah keamanan di Kerman, sekitar 820 kilometer tenggara ibu kota Iran, Teheran.

Pertemuan tersebut menandai peringatan empat tahun pembunuhan Soleimani, kepala Pasukan elite Quds dari Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran, dalam serangan pesawat tak berawak AS di Irak. Ledakan terjadi saat antrean panjang orang berkumpul untuk menandai peristiwa tersebut.

Serangan itu terjadi sehari setelah wakil ketua kelompok militan Palestina Hamas tewas dalam dugaan serangan Israel di Beirut. Komandan Garda Revolusi lainnya juga tewas dalam serangan udara Israel di Suriah akhir bulan lalu.

Serangan-serangan tersebut, serta serangan terhadap kapal-kapal di Laut Merah oleh pemberontak Yaman yang didukung Iran yang dikenal sebagai Houthi, telah meningkatkan kekhawatiran tentang perang Israel-Hamas yang meningkat menjadi konflik regional yang lebih luas.​ (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home