Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:06 WIB | Senin, 02 Januari 2023

Israel Akan Singkirkan Pajak Plastik, Meskipun Ada Masalah Lingkungan

Ini didorong oleh politisi dari partai-partai ultra ortodoks.
Botol plastik pres sebelum didaur ulang dan diubah menjadi produk baru. (Foto ilustrasi: dok. Ist)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah baru Israel akan mengabaikan pajak negara untuk piring dan peralatan plastik sekali pakai, Menteri Keuangan Israel, Bezalel Smotrich, mengatakan pada hari Minggu, meskipun ada masalah lingkungan.

Keputusan tersebut, yang jelas-jelas menentang upaya global untuk mengurangi jumlah sampah plastik yang mencemari lautan, muncul setelah penentangan pajak dari partai-partai agama yang mengatakan bahwa pajak tersebut menargetkan komunitas mereka secara tidak adil.

Smotrich, yang dilantik pada hari Kamis (29/12), mengatakan keputusan pertamanya di kantor adalah untuk memotong pajak plastik serta retribusi minuman manis "sesegera mungkin".

Kementerian Perlindungan Lingkungan negara itu, yang telah melaporkan penurunan 50 persen dalam penggunaan plastik semacam itu sejak pajak diberlakukan pada 2021, mengatakan sedang mempelajari keputusan Smotrich dan konsekuensinya.

Ada penentangan terhadap pajak plastik di antara partai-partai Yahudi ultra-Ortodoks, yang sangat terwakili dalam pemerintahan baru yang dipimpin oleh Benjamin Netanyahu.

Sebuah laporan parlemen dari bulan November 2021 menemukan bahwa keluarga ultra-Ortodoks menggunakan peralatan plastik tiga kali lebih banyak daripada penduduk lainnya karena mereka sering memiliki keluarga besar dan berpenghasilan rendah, dengan banyak yang tidak memiliki mesin pencuci piring. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home