Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 13:38 WIB | Sabtu, 20 November 2021

Israel Kembangkan Robot Kendaraan Militer Tak Berawak

Rook Unmanned Ground Vehicle (UGV) baru milik Elbit, menunjukkan kemampuan evakuasi medis. (Foto: Elbit)

TEL AVIV, SATUHARAPAN.COM-Perusahaan Israel mengembangkan kendaraan militer tak berawak dengan kemampuan manuver yang bisa menggantikan peran pasukan darat.

“Jika Anda ingin mengirim robot di mana Anda tidak ingin mengirim tentara, Anda memerlukan solusi untuk itu,” kata Elad Levy, CEO dan pendiri Roboteam.

Perusahaannya, bersama dengan Elbit Systems, pada hari Selasa (16/11), mengumumkan debut dari apa yang mereka sebut sebagai "induk kendaraan tak berawak": ROOK, sebuah kendaraan militer multi-muatan 6x6 Unmanned Ground Vehicle (UGV).

Desain inovatif UGV dan rangkaian otonomi bawaan menawarkan peningkatan kapasitas, kemampuan manuver, dan kelincahan dari model sebelumnya, menciptakan “mesin” yang “benar-benar bagian dari tim,” kata Yoav Poizner, direktur senior Elbit C4I dan Cyber, dikutip The Jerusalem Post.

Dia mengatakan ROOK adalah langkah selanjutnya menuju memungkinkan "segala sesuatu yang terjadi di langit" melalui penggunaan drone dan robot udara terjadi di tanah dan di lapangan di mana tentara membutuhkannya juga.

ROOK dikembangkan berdasarkan pengalaman operasional yang dikumpulkan melalui penerjunan sistem 4x4 PROBOT UGV, yang mulai beroperasi beberapa tahun lalu melalui kolaborasi pertama antara kedua perusahaan.

Apa yang membuat ROOK paling unik adalah bahwa kendaraan itu dimulai sebagai sistem yang terhubung, kata tim. “Karena kami membuatnya dari sekrup pertama, kami tahu bagaimana robot bekerja dengan perangkat lunaknya,” kata Levy.

“Robot ini memiliki otonomi bawaan dan kecerdasan buatan bawaan yang memberikan solusi lengkap. Tanpa tingkat kecanggihan itu, Anda tidak akan mau mengandalkannya di lapangan.”

ROOK dirancang dari awal sebagai platform UGV robot sesuai dengan standar militer yang berlaku, menurut sebuah rilis. Ini memiliki struktur kotak modular yang memungkinkan komponen diganti oleh pengguna di lapangan tanpa dukungan pabrikan.

Fitur lain termasuk pusat gravitasi rendah, penting untuk membawa muatan berat di medan yang kasar. ROOK memiliki berat 1.200 kilogram. Dan dapat membawa muatan yang setara dengan berat tubuhnya sendiri. Berdiri 24 Cm di atas tanah dan bergerak dengan kecepatan hingga 30 kilometer per jam (19 mph).

Alat berat ini sepenuhnya mematuhi Profil Interoperabilitas UGV (IOP) untuk integrasi muatan plug-and-play yang mulus.

Baterai memiliki berat 40 Kilogram, dan bertahan hingga delapan jam. Ada opsi untuk membawa baterai cadangan atau memasang generator internal untuk misi yang lebih lama.

ROOK dioperasikan baik melalui aplikasi TORCH-X RAS atau melalui unit layar tahan cuaca tujuh inci, memungkinkan satu operator untuk mengontrol beberapa sistem tak berawak.

Mesin dapat menavigasi gurun, salju atau medan kasar lainnya, dan selama sinar matahari atau di malam hari. Sensor canggihnya dapat mengenali tentara dan mengikuti mereka di lapangan, memungkinkannya melaju di luar jalan raya tanpa jatuh, dan memberinya kekuatan untuk membedakan antara rumput, batu, dan jalur lain agar tetap di jalurnya dan menghindari kecelakaan, seperti ada manusia yang mengendarainya.

Perusahaan mengharapkan mesin itu digunakan untuk mengirimkan pasokan, berfungsi sebagai medevac untuk menarik korban dari lapangan, mengambil bagian dalam misi pengumpulan intelijen, termasuk membawa dan mengirim drone, dan berfungsi sebagai sistem senjata jarak jauh. "Anda dapat mengirim ROOK ke tempat-tempat yang tidak ingin kamu kunjungi," kata Levy.

Roboteam didirikan pada tahun 2009. Saat ini, ia memiliki 40 karyawan yang bekerja di kantor pusatnya di Amerika Serikat dan Israel. Semua karyawan baik di Angkatan Pertahanan Israel atau militer AS, memberikan perusahaan kemampuan untuk mencocokkan dan memadukan rekayasa dengan realitas sebenarnya dari medan perang.

Mesin tersebut menelan biaya antara US$ 150.000 dan US$ 300.000 kata perusahaan, bergantung pada konfigurasi. ROOK siap digunakan, kata Levy, dan sudah dievaluasi oleh beberapa kliennya. Akhirnya, dia yakin akan ada ratusan ribu ROOK di lapangan.

Apa selanjutnya? Kolaborasi antara robot udara dan darat, kata dia, misalnya dengan mengerahkan robot udara dan robot darat untuk memotret suatu area, kemudian menggabungkan gambar-gambar tersebut untuk mendapatkan perspektif yang utuh.

“Visi dan imajinasi tidak ada habisnya,” kata Levy. “ROOK hanyalah langkah pertama. Kita berbicara tentang sebuah revolusi.” (The Jerusalem Post)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home