Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 07:22 WIB | Jumat, 27 Juni 2014

Israel Tawarkan Bantuan untuk Hadapi ISIL

Gambar yang dirilis oleh bagian media Perdana Menteri Irak menampilkan Menteri Luar Negeri Inggris William Hague (kiri) dalam pertemuannya dengan Perdana Menteri Irak Nuri al-Maliki di kantor perdana menteri yang berlokasi di Baghdad pada 26 Juni 2014. Hague melakukan kunjungan mendadak ke Baghdad untuk mendesak para pemimpin guna bersatu melawan serangan militan yang mengancam kelangsungan Irak sebagai negara. (Foto: AFP)

PARIS, SATUHARAPAN.COM - Israel pada Kamis (26/6) menawarkan bantuan kepada negara-negara Arab moderat yang terancam serangan kilat jihadis Negara Islam Irak dan Levant (Islamic State of Iraq and Levant atau ISIL) di Irak, saat menteri luar negerinya bertemu dengan menlu AS John Kerry.

Menteri Luar Negeri Israel Avigdor Lieberman mengatakan kepada Kerry dalam sebuah pertemuan di Paris bahwa “ekstremis yang saat ini beroperasi di Irak berupaya menantang stabilitas di seluruh kawasan Teluk Persia, yang pertama kali adalah Kuwait,” ujar pernyataan dari kantornya.

“Israel bisa memberikan bantuan efektif dan dapat diandalkan kepada negara-negara Arab moderat yang berurusan dengan ekstremis,” tambahnya, tanpa merinci secara spesifik.

Hanya beberapa hari setelah mengunjungi Irak, Kerry mengatakan akan sangat “penting bahwa negara-negara di kawasan tersebut bersatu melawan ancaman itu,” kata pejabat senior AS.

Jihadis ISIL menguasai sebagian besar wilayah di Irak utara dalam sebuah serangan kilat yang berisiko dapat menghancurkan negara itu.

Kerry sedang menggelar serangkaian pertemuan bersama sekutu-sekutu dari Timur Tengah di Paris guna membahas krisis Irak setelah mengunjungi Baghdad dan Arbil untuk menekan para pemimpin Irak untuk bersatu melawan bahaya dari ISIL.(AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home