Loading...
EKONOMI
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:16 WIB | Kamis, 08 Januari 2015

Jabar Siapkan Tiga Destinasi Wisata Berskala Internasional

Wisatawan berselancar di Pantai Batu Karas, Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat ( Foto: antaranews.com)

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM  - “ Jabar tengah menyiapkan tiga titik destinasi wisata berskala internasional beserta ajang kegiatannya dalam rangka menarik kunjungan wisata, “ kata Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar di Bandung, Rabu (7/1) malam.

"Jabar tengah menyiapkan tiga titik destinasi skala internasional. Lokasinya di kota atau kabupaten yang unik di Jawa Barat serta event untuk promosinya," katanya.

Ia menyebutkan, ke depan akan ada kalender event di Jawa Barat berisi informasi kegiatan pariwisata, seni dan budaya di kota atau kabupaten, termasuk kuliner dan seni agar wisatawan tahu kapan waktunya untuk wisata.

Daerah yang akan dijadikan destinasi wisata tersebut, akan mendapat alokasi anggaran signifikan dari Pemprov Jabar, untuk kegiatan dan promosinya.

"Kami belum menerima laporan data dari tim yang dibentuk untuk mencari daerah destinasi tersebut, dengan keunikannya karena memang syaratnya harus unik," katanya.

Ia mencontohkan kegiatan wisata dan olahraga kedirgantaraan paralayang di Batu Dua Sumedang, Ciletuh dengan geoparknya di Sukabumi atau Green Canyon di Karawang Selatan serta Pangandaran dengan pantai dan goanya.

"Geopark seperti di Ciletuh tak ada duanya di dunia, kalau Pangandaran akan dilihat Goa mana yang eksotis dan bisa dikembangkan," katanya.

Untuk ajang internasional di Jawa Barat, baru terlaksana Gotra Sawala di Cirebon dan Bandung International Digital Art Festival (BIDAF) di Bandung. Di Bogor nanti akan ada acara musik dari berbagai genre.

"Purwakarta bisa dikembangkan dengan festival unik daerah itu, dukungan masyarakat sudah bagus, tinggal pengemasannya agar memiliki international value," katanya.

Karawang yang terkenal dengan Goyang Karawang kemungkinan juga akan dibuat event Festival Gokar (Goyang Karawang).

"Untuk persiapan destinasi wisata internasional ini, Bandara bertaraf internasional di Kertajati juga akan dioperasikan pada 2017," kata Deddy Mizwar.(Ant) 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home