Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:53 WIB | Senin, 15 Desember 2014

Jakarta Kekurangan Tempat Pembuangan Sampah

Ilustrasi: volume sampah Jakarta. Petugas menaikkan sampah ke dalam bak truk di tempat pembuangan sementara Cipinang, Jakarta Timur. (Foto: antaranews.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - “DKI Jakarta masih kekurangan tempat pembuangan sampah (TPS) untuk menampung timbunan sampah, sementara sebelum dibawa ke tempat pembuangan akhir (TPA),“ kata Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Saptastri Ediningtyas.

"Sekarang ini kita masih kekurangan TPS di Jakarta. Itu masih jadi persoalan," kata Kepala Dinas Kebersihan yang akrab disapa Tyas di Jakarta, Senin (15/12).

Menurut Tyas, kurangnya TPS di Jakarta disebabkan sedikitnya lahan, khususnya di wilayah permukiman warga, untuk dijadikan tempat pembuangan sementara.

Ia mengatakan, sedikitnya TPS berbanding terbalik dengan jumlah timbunan sampah warga yang semakin meningkat.

Beberapa TPS yang ada di Jakarta, berlokasi di tempat-tempat yang berjauhan. "Ini menyebabkan warga kesulitan dalam membuang sampah," kata dia.

Untuk itu, Tyas mengimbau warga yang memiliki lahan lebih untuk dijual kepada pemerintah provinsi untuk dialihfungsikan menjadi TPS.

"Karena itu apabila ada yang punya lahan lebih, bisa bekerja sama dengan kami, akan kami bebaskan dan kami buat jadi TPS," katanya.

Menurut Tyas, sampai saat ini jumlah tempat pembuangan sampah di Jakarta masih lebih sedikit dengan jumlah timbunan sampah yang ada di Jakarta.

Masyarakat Ibukota dan wilayah sekitar seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi yang membuang sampah di sungai, kata Tyas, juga masih menjadi persoalan sampah di Jakarta.

"Karena mereka yang membuang sampah di hulu (sungai) mengalirnya, berakhirnya ke Jakarta yang menjadi hilir," katanya.( Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home