Loading...
INDONESIA
Penulis: Francisca Christy Rosana 14:31 WIB | Sabtu, 04 April 2015

Jakarta Peringati Hari Hewan Liar Sedunia

Dua ekor anjing yang siap diadopsi dalam acara World Stray Animal Day atau Hari Hewan Liar Sedunia di Bumi Perkemahan Ragunan, Jakarta Selatan, Sabtu (4/4) pagi. (Foto: Francisca Christy Rosana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Yayasan Pawsleague mengajak masyarakat memperingati World Stray Animal Day atau Hari Hewan Liar Sedunia yang jatuh setiap 4 April. Hari tersebut didedikasikan untuk mengingat satwa domestik (anjing dan kucing) yang telantar. Bertajuk “Aku dan Mereka, Berbagi Cinta", Diahayu Sekar Arum, ketua penyelenggara ingin menularkan kecintaannya kepada satwa liar, khususnya anjing dan kucing kepada masyarakat.  

“Mereka banyak menjadi sasaran tindakan kesewenang-wenangan manusia. Mereka telantar di jalan. Kami ingin mengajak masyarakat yang datang di acara ini lebih peduli,” ujar Diah saat membuka acara World Stray Animal Day di Bumi Perkemahan Ragunan, Jakarta Selatan, Sabtu (4/4) pagi.

Di Jakarta, lanjut Diah, anjing dan kucing liar memiliki problem mendasar, yakni overpopulasi, menerima perlakuan yang tidak baik, dan dianggap menjadi penyebab penyebaran penyakit menular.

Oleh karena itu, penyelenggara acara bermaksud mengubah paradigma masyarakat terhadap hewan liar.

Dalam acara ini, panitia mengadakan vaksinasi gratis terhadap anjing dan kucing yang disponsori oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Vaksinasi dibantu oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Pihak penyelenggara juga mengadakan penggalangan dana untuk sterilisasi yang dilakukan dua organisasi yakni House of Stray untuk anjing dan Yayasan Peduli Kucing untuk kucing. Dana terkumpul dari penjualan tiket, bagi hasil booth, dan vaksin bersubsidi.

Selain itu, pengunjung pun boleh mengadopsi kucing atau anjing milik kedua yayasan tersebut.  

“Kami ingin mengedukasi bahwa memelihara kucing dan anjing tak sekadar memelihara saja, tapi juga divaksinasi dan dirawat dengan baik,” ujar dia.

Turut hadir dalam acara tersebut Wali Kota Jakarta Selatan Syamsudin Noor. Dalam sambutannya, Syamsudin mengatakan hingga Februari 2015, Pemkot Jakarta Selatan telah melakukan vaksinasi terhadap 279 anjing, 438 kucing, dan 10 ekor kera liar. Selain melakukan vaksinasi gratis, Pemkot Jakarta Selatan juga melakukan penangkapan anjing, kucing, dan kera yang berpotensi membawa penyakit. 

Tentang Pawsleague

Pawsleague didirikan oleh empat perempuan peduli hewan. “Aku dan Mereka, Berbagi Cinta” adalah kegiatan ketiga Pawsleague. Kegiatan pertama mengusung tema “Cats on Street” yang diadakan di area car free day Jakarta dengan mengusung isu kesejahteraan kucing jalanan.

Dalam acara tersebut diadakan penggalangan dana untuk kucing liar di Bali yang disalurkan melalui Rumah Singgah Satwa. Total donasi masuk kurang lebih Rp 3 juta.

Kegiatan kedua bertajuk “Solidaritas Negeri untuk Perlindungan dan Penyelamatan Gajah”. Acara kedua pun diadakan di car free day. Dalam kegiatan ini, masyarakat diajak menandatangani petisi sebagai wujud dukungan bagi perlindungan dan penyelamatan gajah. Petisi ditujukan bagi Presiden Joko Widodo. 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home