Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 22:58 WIB | Kamis, 04 Desember 2014

Jelang Libur Natal, Tiket Kereta Habis Dijual

"Semua tiket telah dipesan, khususnya untuk kelas bisnis dan eksekutif dengan tujuan beberapa kota besar seperti Bandung, Jakarta, Yogyakarta, dan Semarang."
Ilustrasi. Menjelang hari libur Natal 2014 dan Tahun Baru 2015, tiket kereta jarak jauh telah habis dijual. (Foto: Francisca Christy Rosana)

TULUNGAGUNG, SATUHARAPAN.COM – Wakil Kepala Stasiun Tulungagung, Gatot Sudarmaji memastikan tiket kereta api untuk kelas bisnis dan eksekutif tujuan jarak jauh selama libur Natal 2014 dan Tahun Baru 2015 telah habis terjual sejak akhir Oktober.

"Semua tiket telah dipesan, khususnya untuk kelas bisnis dan eksekutif dengan tujuan beberapa kota besar seperti Bandung, Jakarta, Yogyakarta, dan Semarang," katanya pada Kamis (4/12).

Fenomena tersebut bukan lagi menjadi hal baru karena calon penumpang cenderung memesan tiket jauh-jauh hari sebelum libur  akhir tahun tiba.

"Mulai awal Desember hingga awal Januari tiket untuk kelas bisnis dan eksekutif sudah ludes terjual. Kami menggunakan sistem online jadi selalu update persediaan kursi," kata dia.

Beberapa kereta jarak jauh yang dimaksud antara lain kereta api Gajayana, Malabar, Majapahit, dan Malioboro Ekspress.
Gatot menambahkan, PT KAI  tidak menyediakan atau menjual tiket berdiri (tanpa tempat duduk) untuk kereta jarak jauh, baik kelas ekonomi, bisnis, maupun eksekutif.

Sesuai aturan, tiket berdiri hanya berlaku bagi kereta api ekonomi lokal seperti KA Rapih Doho dan KA Penataran.
"Itupun kuota berdirinya hanya dibatasi 25 persen dari jumlah penumpang duduk di satu gerbong. Kami tidak melayani lebihnya," jelasnya.

Berdasarkan data di Stasiun Tulungagung, lonjakan penumpang selalu terjadi saat akhir pekan, yakni mulai Jumat hingga Minggu.
Untuk kereta dengan rute jarak dekat dan menengah, lonjakan bisa mencapai 600 hingga 700 penumpang, sedangkan kereta jarak jauh sekitar 100 penumpang per hari. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home