Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 05:37 WIB | Minggu, 14 Juni 2015

Jelang Ramadan Ratusan Warga Ziarah Makam

Jelang Ramadan Ratusan Warga Ziarah Makam
Dua orang warga Bapak saat memanjatkan doa kepada keluarga yang ditinggalkan saat berziarah ke makam menjelang masuknya bulan suci Ramadan 1436 Hijriah di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Sabtu (13/6). Ziarah kubur merupakan salah satu tradisi bagi sebagian umat Islam yang dari masa ke masa masih bertahan. (Foto-foto: Dedy Istanto).
Jelang Ramadan Ratusan Warga Ziarah Makam
Seorang warga saat memanjatkan doa dengan membaca ayat suci Alquran di hadapan makam keluarga yang ditinggalkan menjelang datangnya bulan Ramadan di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan.
Jelang Ramadan Ratusan Warga Ziarah Makam
Sebuah keluarga saat melintas di antara makam usai ziarah kubur untuk memanjatkan doa menjelang datangnya bulan Ramadan di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan.
Jelang Ramadan Ratusan Warga Ziarah Makam
Sebuah keluarga saat berziarah kubur memanjatkan doa bersama bagi keluarga yang ditinggalkan menjelang bulan Ramadan di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan.
Jelang Ramadan Ratusan Warga Ziarah Makam
Dua orang warga saat membersihkan makam keluarga saat ziarah kubur yang mulai ramai menjelang datangnya bulan Ramadan di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan.
Jelang Ramadan Ratusan Warga Ziarah Makam
Sebuah keluarga tampak menata bunga disebuah makam keluarga saat ziarah kubur menjelang bulan Ramadan di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan.

SATUHARAPAN.COM – Ratusan warga mulai berziarah ke makam sambut bulan suci Ramadan 1436 Hijriah di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Sabtu (13/6). Para warga yang datang sejak pagi hari hingga sore mulai mendatangi pemakaman untuk menggelar doa kepada keluarga yang ditinggalkan.

Menjelang bulan suci Ramadan yang jatuh pada 18 Juni mendatang sebagian warga umat Muslim mulai berdatangan ke tempat pemakaman. Menurut salah satu penjaga mengatakan para warga mulai datang sejak pagi hari ini hingga sore, mungkin besok, Minggu (14/6) akan lebih banyak lagi yang datang ziarah, ujarnya.

Ziarah makam merupakan salah satu tradisi bagi sebagian umat Islam untuk memanjatkan doa ahli kubur yang sudah meninggal dunia. Ritual ini biasanya dilakukan menjelang masuknya bulan Ramadan atau pada saat menjelang perayaan Idul Fitri.

Tradisi ziarah kubur dari masa ke masa tetap terjaga hingga sekarang. Dalam ajaran Nabi Muhammad SAW ziarah kubur merupakan sebuah ibadah yang diisyaratkan dan hingga kini masyarakat Islam pun masih terus menjalankan dan mengamalkan.

TPU Jeruk Purut memiliki luas sekitar 9,12 hektar merupakan salah satu TPU wakaf yang diperuntukan bagi pemeluk agama Islam. Lokasinya yang tidak jauh dari jalan raya tersebut menjadi salah satu TPU yang dirawat dengan baik di Jakarta. 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home