Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 11:52 WIB | Jumat, 30 Oktober 2015

Jerman Janji Bantu Yunani Atasi Pengungsi

Ilustrasi. Seorang pemuda asal Afganistan mengangkat tulisan "Thank You Germany" di Dortmund, Jerman pada hari Minggu (6/9). (Foto: AP)

ATHENA, SATUHARAPAN.COM – Menteri Luar Negeri Jerman Frank-Walter Steinmeier mengatakan Berlin akan membantu Athena dalam menghadapi masuknya ribuan imigran yang tiba di pantai Yunani setiap harinya mengingat saat ini Yunani sedang menghadapi masalah ekonomi.

“Pada saat Yunani berusaha memulihkan ekonomi, aliran masuknya (imigran) merupakan beban yang luar biasa,” kata Steinmeier kepada harian Yunani Ta Nea saat berkunjung ke Athena pada hari Kamis (29/10).

“Kami akan membantu Yunani saat mereka menghadapi tantangan besar ini,” tegasnya.

 “Kita harus bekerja sama mengendalikan situasi ini, menjaga perbatasan eksternal Eropa, mengembangkan pendekatan bersama untuk suaka dan imigrasi serta membagikan para pengungsi dengan adil,” ujar Steinmeier.

Sejak awal tahun ini, 560.000 imigran dan pengungsi tiba di Yunani melalui laut, sementara imigran yang mencapai Eropa melalui Mediterania mencapai 700.000, menurut Organisasi Internasional untuk Imigrasi (International Organization for Migration/IOM).

Steinmeier pada Kamis (29/10) dijadwalkan menggelar pembicaraan dengan Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras, Presiden Prokopis Pavlopoulos dan Menteri Luar Negeri Yunani Nikos Kotzias untuk membahas pelaksanaan reformasi dan langkah penghematan yang diminta para kreditor sebagai syarat pemberian bailout ketiga pada Juli. (AFP)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home